1.000 Pegowes Direkrut Untuk Kampanyekan Perubahan Iklim
Rektor IPB Arief Satria (ketiga kiri) bersama ketua Himpunan Alimni IPB Walneg S. Jas (kedua kanan) saat pembukaan IPB Run 2022. (ANTARA)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Institut Pertanian Bogor (IPB) mengajak 1.000 orang terdiri atas sebagian alumni gowes bersama sepanjang 59 kilometer pada September-Oktober 2022 dalam semangat mengatasi perubahan iklim yang disuarakan di forum G20.

"Ini adalah IPB Green run 2022 karena memang akan diakhiri dengan menanam pohon. Sekaligus memasyarakatkan semangat hijau untuk mengatasi perubahan iklim dalam rangka G20, nyambung juga," ujar Rektor IPB Arief Satria saat dikonfirmasi di Kota Bogor, Minggu.

Gowes dimulai dari Monumen Nasional (Monas), Gambir, Jakarta Pusat menuju kampus IPB Baranangsiang dan lari maraton diakhiri menanam pohon di kampus IPB Dramaga seperti yang dikutip VOI dari ANTARA.

Kampanyekan Perubahan Iklim

Arief menuturkan kesadaran masyarakat terhadap olahraga semakin terbuka saat Pandemi COVID-19 ini sehingga perlu didorong olahraga yang bisa memberikan pengalaman baru kepada mereka.

Rangkaian IPB run 2022 akan memberikan sejumlah trek yang memberikan tantangan kepada peserta, lengkap dengan sejumlah fasilitas yang dipersiapkan, seperti tenaga medis, mobil jemputan hingga kuliner.

Arief menyampaikan kegiatan ini sebetulnya telah direncanakan sejak sebelum pandemi COVID-19 pada tahun 2020. Alumni dan masyarakat yang mengikuti kegiatan lari maraton akan dibawa untuk mengelilingi area IPB yang menyajikan suasana kampus hijau.

Di dalam trek lari di Kampus IPB Dramaga akan ada kejutan yang diberikan panitia kepada peserta di sekitar 3 kilometer lekukan trek di hutan buatan IPB.

IPB Cycling 59K atau gowes alumni akan dilaksanakan pada 4 September 2022 dihadiri juga oleh Rektor IPB Arief Satria.

Selanjutnya, IPB Run 2022 akan melibatkan masyarakat umum yang ingin berpartisipasi dengan pendaftaran yang telah dimulai oleh panitia akan dilaksanakan pada 2 Oktober 2022.