Launching Teknologi AI Terbaru di Industri Musik oleh MuSigPro
Ilustrasi kecerdasan buatan dalam dunia musik (IST)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Kemajuan teknologi digital telah merambah kedalam industri musik, mulai dari proses produksi musik, proses mixing dan mastering, hingga dalam management industri musik sendiri. Semuanya tak lepas dari teknologi.

Musisi dan pebisnis industri musik akhirnya harus ikut beradaptasi dengan kemajuan teknologi untuk menambah pundi-pundi pendapatan mereka melalui sektor digital, karena beberapa sektor pendapatan konvensional secara drastis juga mengalami penurunan apalagi ditengah musim krisis seperti ini.

Digital Era juga menembus sektor industri musik dalam perspektif yang berbeda, salah satunya peran artificial intelligence (kecerdasan buatan) dalam dunia musik. Akan sangat tidak mungkin untuk melepaskan trend konsumen dalam industri musik, analisa trend bermusik akan lebih mudah dipahami
oleh artificial intelligence daripada tenaga manusia. Hal itu bisa dengan mudah
ditemui saat Anda menggunakan platform streaming. AI mampu menganalisa preferensi musik Anda dan menyuguhkan musik yang sesuai dengan selera bermusik Anda.

Berbicara tentang Peran Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan dalam industri musik, MuSigPro meluncurkan teknologi baru yakni kecerdasan buatan untuk mengevaluasi kemampuan seseorang dalam bernyanyi. Teknologi ini mampu menilai kualitas tarik suara seseorang.

Teknologi MuSigPro ini berawal dari kreasi seorang peneliti dari NUS National University of Singapore yang membuat kecerdasan buatan. Sistem kecerdasan buatan ini dibungkus dalam platform bernyanyi
berbasis aplikasi.

Kemampuan aplikasi tersebut mampu mengukur kemampuan bernyanyi seseorang secara otomatis, objektif, dan instan menganalisa banyak instrumen seperti karakter suara, nada, pitch dan power.

Setelah melalui beberapa test dengan kompetisi bernyanyi secara nasional maupun regional, akhirnya MuSigPro di tahun 2022 ini melakukan launching teknologi terbarunya untuk ikut meramaikan industri
musik yang ada.

MuSigPro sendiri berkantor di Singapura dan memiliki basis data yang berlokasi di India. MuSigPro rencananya akan meramaikan industri musik untuk pasar Asia Tenggara, sedangkan negara pertama yang digarap adalah Indonesia mengingat penikmat musik dan pecinta seni tarik suara di
Indonesia sangat banyak.

Setelah dikemas dalam bentuk aplikasi, MuSigPro memberikan gamification berupa kompetisi menyanyi. Dari kompetisi tersebut seseorang akan medapat AI Score dan popular score. AI score
didapat dari intelligence machine yang memberikan score. Sedangkan popular score didapat dari jumlah pendengar dan banyaknya tombol “like” yang diberikan oleh orang lain.

Gamification tersebut terbukti dapat memberikan engagement untuk beberapa user ataupun partner. Misal yang dilakukan oleh perusahaan roti terkenal di Indonesia yang mengadakan kompetisi lomba menyanyi dengan syarat membeli roti dulu sebagai pendaftaran keikutsertaan dalam
mengikuti lomba. Selain itu ada kegiatan lomba menyanyi yang dilakukan oleh kantor kedutaan Bandar Seri Begawan dengan mengadakan kompetisi menyanyi untuk memperingati kemerdekaan RI dengan menargetkan seluruh WNI yang ada di Brunei Darusallam.

Penilaian yang dilakukan memang tidak mudah, namun dengan tools yang dimiliki MuSigPro semua itu bisa dilakukan dengan efisien.

Selain itu MuSigPro juga bekerja sama dengan salah satu perusahaan karaoke yang ada di China, Perusahaan ini menggunakan teknologi MuSigPro dengan melakukan open IP ke central data MuSigPro
yang ada di India.

Untuk meningkatkan engagement user sekaligus peluncuran website serta aplikasi MuSigPro di Indonesia, MuSigPro mengadakan kompetisi menyanyi online berhadiah. Kompetisi dilakukan dengan bekerja-sama dengan Beehive Creative.

Kompetisi berjudul Jogja Singing Star yang dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama adalah audisi menggunakan aplikasi MuSigPro, tahap kedua adalah offline menyanyi di acara Food Festival yang digelar di Mall Malioboro pada tanggal 1 Desember 2022.

Untuk masyarakat yang memiiki keterikan dengan seni tarik suara dapat mengikuti acara ini secara gratis. Syarat dan ketentuan untuk mengikuti perlombaan ini bisa didapat dengan mengunjungi media sosial Instagram MusigPro atau bisa mengunjungi situs MusigPro.