FEB UGM dan CREATIVAGO Selenggarakan Pelatihan dan Pendampingan Digital Marketing bagi Puluhan UMKM di Yogyakarta
Kegiatan pelatihan dan pendampingan digitalisasi bisnis bagi UMKM di Yogyakarta

Bagikan:

FEB UGM bekerja sama dengan Creativago menggelar pelatihan dan pendampingan pemasaran online untuk Usaha Mikro Kecil Menengan (UMKM) di Yogyakarta. Program ini diadakan untuk mendorong para UMKM dalam meningkatkan daya saing dan pemasaran produknya di era digital. 

Acara pelatihan dan pendampingan UMKM ini diadakan secara gratis dan merupakan program kolaborasi FEB UGM, CREATIVAGO dan Tim Peneliti Rispro LPDP. Kegiatan ini diadakan untuk membantu para UMKM memperoleh wawasan dan keterampilan baru yang dibutuhkan dalam menjalankan bisnis di era digital. 

Era digital membuka kesempatan bagi siapa saja untuk melakukan kegiatan secara lebih masif dan luas melalui media digital. Kelebihan ini pun bisa dimanfaatkan para pelaku bisnis untuk mempromosikan dan menjual produknya secara mudah dan menjangkau pasar yang lebih luas. Terutama bagi para pelaku UMKM yang ada di daerah-daerah. 

Sayangnya masih ada sejumlah pelaku UMKM yang kesulitan mengembangkan bisnisnya secara digital. Berangkat dari permasalahan tersebut, Creativago berupaya memfasilitasi para pelaku UMKM di Yogyakarta untuk mempelajari berbagai strategi optimasi media sosial. Mengingat di Yogya, banyak sekali UMKM dengan berbagai jenis produk yang memiliki nilai bersaing. 

Pelatihan dan Pendampingan Digitalisasi Bisnis bagi UMKM

Peserta pelatihan dan pendampingan UMKM menyampaikan pertanyaan kepada pemateri

Program pendampingan UMKM yang diadakan oleh FEB UGM dan Creativago dibuka oleh Prof. Mahfud Sholihin, Guru Besar FEB UGM, pada Sabtu (4/3/2023). Pelatihan ini diisi oleh para pemateri dan narasumber yang sudah berpengalaman dalam bidang creative branding dan digital marketing. 

Kegiatan pelatihan dan pendampingan ini dilakukan secara tatap muka bertempat di Universitas Gadjah Mada. Kegiatan akan berlangsung selama empat pertemuan pada setiap hari Sabtu, yakni pada tanggal 4, 11, 18, dan 25 Maret 2023. Para peserta akan mendengarkan paparan materi dengan durasi 4 jam setiap pertemuannya. 

Tidak hanya memberikan paparan materi, dalam kegiatan ini juga dilakukan diskusi dan praktik langsung membuat konten digital. Bahkan para peserta dapat mengikuti mentoring selama satu bulan melalui grup WhatsApp. Dengan berbagai kegiatan tersebut, para peserta tidak hanya mendapatkan wawasan sekali dengar. Namun peserta juga akan melakukan latihan secara langsung didampingi oleh para ahli di bidangnya. 

Apa yang Dipelajari dalam Kegiatan Ini?

Keterangan Pemaparan materi kegiatan pelatihan dan pendampingan UMKM Yogyakarta

Ada beberapa materi dan skill yang akan dipelajari oleh para pelaku UMKM yang mengikuti program ini. Para peserta akan mempelajari sebanyak 8 materi: 1. Apa Itu Digital Marketing, 2. Berhijrah ke Media Sosial, 3. Seni Menulis dan Bercerita, 4. Desain Grafis, 5. Teknik Fotografi Dasar, 6. Teknik Fotografi 2, 7. Komunikasi Efektif dengan Pelanggan, 8. Klinik Konsultasi. 

Kumpulan materi pelatihan disampaikan oleh para praktisi profesional yang sudah berpengalaman di bidang masing-masing. Para pemateri akan memandu peserta untuk lebih memahami seluk beluk dunia kreatif di media digital. 

Materi digital marketing dan optimasi media sosial akan disampaikan oleh Sya'am Hidayat (content creator Inspire Indonesia) dan Fahmi Ramadhan (social media manager UNICEF). Materi menulis dan bercerita akan dipaparkan oleh Agus Mulyadi (Penulis dan Pimred Mojok.co) dan Galuh Fahmi (Pegiat media digital Desa Wisata Tinalah). Materi desain grafis akan dijelaskan oleh Syaiful Sokorini (Creative Director CREATIVAGO) dan Iqbalul Khaq (Content Creator di Global Islamic School). Materi-materi lainnya juga akan disampaikan oleh para praktisi dan ahli di bidangnya. 

Syaiful Sokorini, Direktur Creativago, mengungkapkan bahwa pendaftar kegiatan ini mencapai 180an UMKM. Sementara acaranya hanya dibuka untuk 60 UMKM saja. Antusiasme yang tinggi ini menjadi bukti bahwa para pelaku UMKM di Yogya memiliki semangat tinggi untuk terus bertumbuh di era digital. 

Program ini bertujuan membantu UMKM untuk terus tumbuh dan berkembang menghadapi tantangan di era digital. Harapannya, setelah kegiatan ini para UMKM bisa mengoptimasi bisnisnya melalui berbagai media dan platform digital.