Dikenal sebagai Kartu Kredit Elit, Ini Syarat Memiliki Black Card Lengkap dengan Manfaatnya
Ilustrasi Kartu Kredit American Express (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Tahukah Anda bahwa pemegang kartu kredit Black Card biasanya bukan berasal dari kalangan sembarangan. Pasalnya, syarat memiliki Black Card yang diberlakukan oleh American Express cukup berat dan hanya bisa dicapai oleh orang dengan profesi tertentu atau memiliki penghasilan tinggi.

Sebelum mengetahui apa itu Black Card, artikel ini akan membahas pengertian, keuntungan, hingga syarat memiliki Black Card.

Apa Itu Black Card?

Secara umum Black Card adalah kartu kredit elit yang dikeluarkan oleh perusahaan dari Amerika yang bernama American Express Centurion Card. Kartu ini diterbitkan oleh perusahaan untuk nasabah mereka yang memenuhi kekayaan bersih tertentu, memiliki rekam jejak kredit yang baik, hingga harus memenuhi syarat pengeluaran tertentu.

Sebenarnya Black Card hanya sekadara kartu kredit biasa yang secara umum berfungsi sebagai salah satu metode pembayaran. Namun seiring dengan berjalannya waktu, Black Card menyimbolkan strata sosial tertinggi pemiliknya berdasarkan materi. Hal itu terjadi karena syarat yang diberlakukan oleh perusahaan agar seseorang bisa memiliki Black Card. Wajar jika pemilik kartu kredit ini biasanya artis papan atas dunia, pengusaha, pejabat tinggi negara, dan sebagainya.

Seperti namanya, kartu kredit Black Card dicetak dengan warna gelap sehingga menimbulkan kesan eksklusif. Selain itu perusahaan Amex Centurion Express akan mengirimkan undangan eksklusif kepada klien yang sesuai dengan kriteria untuk memiliki Black Card.

Syarat Memiliki Black Card

Amex Centurion Express sendiri menerbitkan kartu kredit eksklusif dengan nilai tinggi pada tahun 1999. Sejak pertama diterbitkan, perusahaan telah menetapkan syarat memiliki Black Card secara ketat sehingga tak semua orang bisa memilikinya.

American Express akan mengirimkan undangan kepada klien mereka yang tercatat telah menghabiskan ratusan ribu dolar Amerika Serikat hanya dalam kurun waktu 1 tahun. Akan tetapi klien bisa juga mengajukan diri untuk menjadi pemegang Black Card dengan beberapa syarat yang telah ditentukan yakni sebagai berikut.

  • Telah menggunakan kartu terbitan American Express berjenis lain;
  • Setidaknya menggunakan kartu American Express selama satu tahun;
  • Klien harus memenuhi minimal pengeluaran menggunakan kartu American Express yakni 250 ribu dollar Amerika Serikat atau kurang lebih Rp3,67 miliar;
  • Melakukan pengeluaran atau perbelanjaan dengan kartu American Express minimal 450 ribu dollar Amerika Serikat atau kurang lebih Rp6,6 miliar per tahun;

Selain itu beberapa sumber mengatakan bahwa klien harus memiliki saldo dengan jumlah tertentu untuk mendapatkan kartu Black Card. Meski demikian perusahaan American Express tak menyantumkan syarat ini.

Selain itu beberapa sumber juga mengatakan bahwa pemegang Black Card harus mengeluarkan dua jenis biaya rutinan yakni biaya keanggotaan dan biaya iuran tahunan. Biaya keanggotaan yang harus dibayarkan adalah sebesar 10 ribu dollar Amerika Serikat atau kurang lebih Rp146,6 juta dan iuran tahunan yakni 5 ribu dollar Amerika Serikat atau kurang lebih Rp73,3 juta.

Keuntungan Memiliki Black Card

Ada sejumlah keuntungan yang hanya bisa dinikmati oleh pengguna Black Card dan tidak bisa didapat oleh pemegang kartu kredit jenis lain yakni sebagai berikut.

  1. Mendapatkan akses VIP di beberapa toko seperti toko fashion branded
  2. Akses di hotel mewah dipermudah
  3. Bisa masuk ke Centurion Lounge di tempat mewah
  4. Mendapat layanan khusus di kapal pesiar tertentu
  5. Pemilik Black Card bisa memerintah staf di beberapa tempat untuk melakukan hal-hal tertentu

Itulah informasi terkait pengertian dan syarat memiliki Black Card. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.