Update Apple: Apple Akan Hilangkan Slot Kartu SIM Untuk Iphone?
Ilustrasi - Slot SIM card di iPhone. ANTARA

Bagikan:

YOGYAKARTA - Pada September 2022, di mana nantinya mereka hanya merilis ponsel dengan eSIM saja, yaitu Apple dirumorkan akan menghilangkan slot kartu SIM pada iPhone.

Meski masih berupa rumor dan belum jelas produk Apple mana yang akan mengadopsi eSIM sepenuhnya, namun memang sudah direncanakan bahwa produk-produk Apple beralih ke penggunaan eSIM.

Mengutip Mac Rumors, Rabu, bukti transisi menuju produk eSIM itu akan dilakukan pada iPhone 13 tanpa slot nano SIM card di kuartal kedua 2022 untuk penjualan Amerika Serikat.

Akan Hilangkan Slot Kartu SIM Untuk Iphone

iPhone 13 yang dijual di Apple Stores maupun situs resmi Apple untuk Amerika Serikat terpantau sudah tidak lagi disertai dengan penjualan SIM card.

Nantinya pembeli yang mendapatkan versi iPhone eSIM akan bisa mendapatkan paket data dengan menghubungkan ponselnya ke sambungan Wi-Fi lalu kemudian mengikuti instruksi sesuai dengan ketentuan di layar ponselnya.

Dengan pembaruan seperti itu, sangat mungkin untuk seri iPhone 14 hingga selanjutnya Apple bisa menghilangkan bagian untuk kartu SIM secara fisik.

Meski terlihat menjanjikan, layanan eSIM belum tersedia secara merata secara global, hanya ada beberapa negara yang sudah menerapkan kehadiran eSIM yang dikutip VOI dari ANTARA.

Sementara sisanya yang terhitung lebih banyak masih menerapkan penggunaan kartu SIM fisik.

Dengan kondisi pasar tersebut, Apple pun masih menyiapkan ponsel besutannya untuk tetap mengadopsi slot kartu SIM.

Kepala Desain Apple, Jony Ive pernah menyebutkan dengan menghilangkan bagian slot SIM card pada iPhone, kemungkinan akan lahir desain yang lebih ramping dan lebih tahan air dibandingkan dengan desain saat ini.

Selain itu dengan menyingkirkan slot SIM card maka pengguna pun mungkin bisa mendapatkan memori internal yang lebih besar.