Cara Aktivasi Satu Akun Whatsapp Bisa Dipakai di 4 HP
Ilustrasi Whatsapp (dok. pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Pengguna aplikasi pesan instan WhatsApp makin dimanjakan dengan fitur baru yang diluncurkan oleh Meta. Fitur tersebut adalah dukungan login multi-perangkat. Dengan adanya dukungan tersebut, artinya satu akun WhatsApp bisa dipakai di 4 HP sekaligus.

Fitur ini memudahkan para pengguna yang memiliki beberapa gadged namun ingin menggunakan satu akun WhatsApp.

Satu Akun Whatsapp Bisa Dipakai di 4 HP

Saat ini fitur baru berupa satu akun WhatsApp di empat ponsel sudah diluncurkan secara global. Pengguna bisa memanfaatkan fitur baru ini dalam beberapa minggu ke depan. Untuk sementara waktu pengguna masih mengikuti aturan lama yakni 1 akun WhatsApp hanya untuk 1 ponsel serta beberapa perangkat desktop tambahan.

"Dengan fitur yang permintaannya sangat tinggi ini, sekarang Anda dapat menautkan ponsel hingga ke empat perangkat, sama halnya dengan menautkan WhatsApp di browser web, tablet, dan desktop," demikian rilis dari WhatsApp dalam keterangannya, dikutip Jumat 28 April.

Masing-masing ponsel yang disambungkan akan terhubung dengan WhatsApp secara independen. Hal itu dilakukan agar pesan, media, dan panggilan pribadi benar-benar terenkripsi secara end-to-end.

Patut diketahui bahwa Meta akan melakukan uji ciba di WhatsApp beta untuk Android versi 2.22.24.18. Fitur ini juga berbeda dengan cara kerja WhatsApp Web karena pengguna tetap bisa memakai akun WhatsApp meski tanpa perangkat utama. Saat perangkat utama tak aktif, pesan yang masuk di perangkat kedua langsung tersinkronisasi secara otomatis.

Cara Aktifkan Satu Akun WA di 4 Ponsel

Situs GSMArena menjelaskan bagaimana cara aktivasi satu akun WhatsApp di 4 ponsel. Caranya adalah dengan mengunduh dan menginstal aplikasi ini seperti biasa. Instalasi bisa dilakukan di ponsel yang diinginkan.

Jika sudah terinstal di ponsel utama dan kedua, Anda diharuskan membuka aplikasi WhatsApp yang ada di ponsel kedua, caranya adalah dengan klik tiga di pokok kanan atas lalu klik “Link a Device”. Setelahnya pindai QR code yang muncul di layar registrasi WhatsApp di ponsel lain. Jika scan sukses maka akun sudah bisa digunakan di dua ponsel secara bersamaan.

WABetaInfo juga menjelaskan bahwa setelah akun WhatsApp terbagi dalam beberapa ponsel, seluruh riwayat chat akun yang dipakai akan tersinkronisasi secara otomatis. Namun seluruh data baik berupa chat hingga panggilan tetap aman dan ter-enkripsi end-to-end lantaran pesan yang diterima akan dikirim ke semua perangkat yang terhubung.

Aplikasi WhatsApp sendiri adalah layanan pesan terbesar yang memiliki pengguna hingga 2 miliar orang. Akan tetapi saat ini WhatsApp belum memiliki dukungan multi-ponsel. Meta mulai melakukan uji kompatibilitas multi-perangkat di tahun 2021. Kala itu perusahaan mengatakan bahwa pihaknya tengah mengembangkan teknologi baru untuk melakukan sinkronisasi pesan di seluruh perangkat namun tetap aman ter-enkripsi end-to-end.

Meski ini jadi fitur baru bagi WhatsApp, pesaing aplikasi pesan lainnya telah memulai langkah multi-ponsel lebih dulu seperti Telegram dan Messenger. Sayangnya mereka belum mendukung keamanan enkripsi end-to-end sehingga WhatsApp masih menjadi aplikasi terbaik dalam masalah keamanan.

Selain informasi terkait satu akun Whatsapp bisa dipakai di 4 HP, kunjungi VOI.ID untuk berita lainnya.