Tempat Hunting Foto di Jogja: Gereja Gothic Gondomanan
Gereja Gothic Gondomanan (Twitter/Mang Bucin)

Bagikan:

JOGJA – Dari banyak lokasi atau tempat hunting foto di Jogja, bangunan yang menyerupai gereja di Gondomanan tentu menarik menjadi pilihan.

Gereja Gothic Gondomanan sebenarnya bukanlah tempat beribadah, namun adalah rumah dari seorang saudagar Tionghoa yang dibangun pada tahun 1980-an.

Gereja Gothic Gondomanan adalah Rumah Bukan Tempat Ibadah

Meskipun dikenal sebagai gereja namun Gereja Gothic bukanlah tempat ibadah. Masyarakat menyebut sebagai gereja lantaran arsitekturnya memang mirip dengan bangunan gereja.

Namun rumah megah dengan gaya Cina dan Eropa tersebut sudah lama ditinggalkan oleh pemiliknya, sehingga tidak terawat dan tampak menyeramkan.

Beberapa bangunan Gereja Gothic Gondomanan bagian rusak, bahkan pada sisi tertentu tumbuh tanaman rambat.

Gereja Gothic Gondomanan Ditetapkan jadi Cagar Budaya

Meskipun belum berusia lama, namun Gereja Gothic kini telah ditetapkan sebagai cagar budaya sehingga tidak dapat dipugar dan keberadaannya dilindungi.

Berdasarkan tulisan Johanes Krisnomo, seorang penulis da fotografer alumnus Kimia ITB, dulunya pemilik rumah gothic tersebut adalah seorang keturunan Tionghoa yang bernama Esther Widyo Wanandyo.

Esther adalah istri dari R. Petrus Haryono seorang perajin batik yang memiliki hubungan dengan Keraton Yogyakarta.

Krisnomo menulis setelah Haryono meninggal, Esther lalu merawat rumah gothic bersama dengan anak-anaknya.

“Hingga akhirnya, KRT Thomas Haryonagoro, sebagai anak bungsunya, melanjutkan pengelolaan sepeninggal Esther,” tulisnya.

Hunting Foto di Gereja Gothic Gondomanan

Bagi Anda yang ingin mendapatkan objek fotografi di Gereja Gothic Gondomanan, sayangnya Anda belum bisa memasuki bagian dalamnya.

Pintu Gereja Gothic Gondomanan masih ditutup rapat oleh pemiliknya, dan Anda hanya dapat mengambil foto dari luar dengan latar bangunan megah tersebut.

Ketika Krisnomo menuliskan artikelnya pada tahun 2019, Gereja Gothic Gondomanan sedang direnovasi dan ada wacana untuk dijadikan museum. Hal tersebut membuat bangunan megah itu menjadi viral di tahun itu.

Gereja Gothic Gondomanan dibangun tahun 1987 dan sejak tahun 2000-an sudah tidak ditinggali, masih menjadi lokasi unik untuk foto-foto sekadar ungah di media sosial.

Apakah Anda tertarik mencari foto di Gereja Gothic Gondomanan? Jangan lupa juga di sekitar tempat itu terdapat destinasi pariwisata lainnya seperti titik 0 km dan Benteng Vredenburg.

Selain Gereja Gothic Gondomanan dan tempat hunting foto di Jogja, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!