Nadiem Makarim Tepis Kritik Frasa Agama Hilang di PJP: Tidak Benar, Tidak Mungkin Kemendikbud Hapus Agama
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim (Foto: Irfan Meidianto/VOI)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Nadiem Anwar Makarim selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) menegaskan, pihaknya tidak pernah dan tidak akan pernah menghilangkan pelajaran beragama.

Hal ini menanggapi polemik frasa agama yang dikabarkan hilang dari Peta Jalan Pendidikan (PJP) Nasional yang belakangan memancing kritik beragam golongan.

Isu tidak benar menurut Nadiem

"Saya ingin meluruskan isu kreatif yang sayangnya tidak benar dan beredar di media sosial, tentang penghilangan kata agama dari Peta Jalan Pendidikan," ujar Nadiem dalam keterangannya yang dikutip dari laman Instagram pribadinya @nadiemmakarim, Jumat 12 Maret.

Menurut Nadiem, kabar yang menyatakan bahwa Kemendikbud akan menghapus mata pelajaran agama sangatlah mengada-ada. Sebab kata dia, agama bukan hanya hal yang sangat penting, namun hal esensial bagi pendidikan bangsa Indonesia.

"Jadi jelas isu ini tidak benar dan tidak akan pernah Kemendikbud menghapus mata pelajaran agama," tegas Nadiem.

Pada saat ini, lanjut Nadiem, Peta Jalan Pendidikan dirancang untuk menciptakan pelajar yang beriman, bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia.

"Kita pasti memasukkan frasa agama didalam itu. Jadi mohon bagi masyarakat berfikir kritis dan tidak percaya akan hal hal yang tidak benar," kata Nadiem.

Nadiem menambahkan, Kemendikbud memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas masukan dan atensi beraneka kalangan bahwa kata 'agama' harus ditulis secara eksplisit untuk memperkuat tujuan Peta Jalan Pendidikan tersebut. 

"Jadi, kami akan pastikan bahwa kata ini akan termuat pada revisi Peta Jalan Pendidikan selanjutnya," tandas Nadiem.

Selain Nadiem Makarim Tepis Kritik Frasa Agama Hilang di PJP,  ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!