Candi yang Terletak di Yogyakarta: Ada 10 Candi yang Bisa Anda Datangi di Kota Ini
Candi Prambanan (Pixabay)

Bagikan:

Yogyakarta - Kalau anda jauh-jauh berkunjung ke Daerah Istimewa Yogyakarta tentunya daerah ini dikenal dengan Kota Pelajar dan Kota Wisata. Daerah ini seolah tak bisa bikin kita bosan untuk menjelajahinya.

Tak hanya pantai saja, Malioboro, dan pusat kuliner saja, di Yogyakarta juga terkenal akan candi-candi istimewanya. Dengan arsitektur mewah kuno khas kerajaan Hindu dan Budha, 10 candi ini jadi pilihan destinasimu.

10 candi yang terletak di yogyakarta

Candi Plaosan

Lokasi Plaosan dibagi menjadi dua kategori, yakni Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul. Kedua candi itu mempunyai selasar berbentuk segi empat yang dikelilingi oleh dinding, daerah semedi berbentuk gardu di komponen barat serta stupa di sisi lainnya. Sebab kesamaan itu, karenanya kenampakan Candi Plaosan Lor dan Kidul hampir serupa apabila diperhatikan dari jauh. Sehingga hingga kini Candi Plaosan juga acap kali disebut Candi Kembar.

Candi Prambanan

Siapa yang tak mengenal Candi Prambanan? Candi ini memang menjadi candi yang paling tenar di Yogyakarta. Candi Prambanan berlokasi di lingkungan Taman Wisata Prambanan, kurang lebih 17 kilometer ke arah timur dari Yogyakarta. Tepatnya di Desa Prambanan, Kecamatan Bokoharjo. Letaknya cuma sekitar 100 meter dari jalan raya Yogya-Solo, sehingga tak susah untuk menemukannya.

Candi Gerbang

Candi Gebang berlokasi di tempat Condongcatur. Tepatnya di sebelah selatan desa Gebang, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman. Kurang lebih 11 kilometer dari sentra kota Yogyakarta. Penemuan candi Hindu ini bermula dari ditemukannya patung Ganesha oleh penduduk setempat pada bulan November 1936.

Candi Ijo

Untuk candi yang terletak di yogyakarta yang selanjutnya ada Candi Ijo. Candi bercorak hindu ini ada di empat kilometer arah tenggara dari Candi Ratu Boko. Kira-kira sekitar 18 Kilometer di sebelah timur Yogyakarta. Disebut hijau karena candi yang dibangun dari abad ke-9 ini berdiri di sebuah bukit yang dikenal dengan bukit hijau atau gumuk ijo.

Candi Kalasan

Candi Kalasan terletak di Desa Kalibening, Tirtamani, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tepatnya sekitar 16 kilometer ke arah timur dari kota Yogyakarta. Dalam Prasasti Kalasan dikatakan bahwa candi ini disebut juga Candi Kalibening, sesuai dengan nama desa tempat candi tersebut berada.

Candi Ratuboko

Candi Boko berlokasi sekitar tiga kilometer ke arah selatan dari Candi Prambanan atau sekitar 19 kilometer ke arah selatan dari kota Yogyakarta. Wilayah Candi Ratu Boko yang terletak di atas sebuah bukit dengan ketinggian kurang lebih 195.97 meter di atas permukaan laut. Lokasi ini mencakup dua desa merupakan Desa Sambirejo dan Desa Dawung.

Candi Sambisari

Candi Sambisari berlokasi di Dusun Sambisari, Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Dari sentra kota Yogyakarta, jaraknya 15 kilometer ke arah timur laut. Candi Sambisari yang merupakan candi Hindu beraliran Syiwa ini diperkirakan dibangun pada permulaan abad ke-9 oleh Rakai Garung, seorang Raja Mataram Hindu dari Wangsa Syailendra.

Candi Sari

Candi Sari terletak sekitar 10 kilometer dari pusat Yogyakarta atau hanya sekitar tiga kilometer dari Candi Kalasan. Tepatnya candi ini berada di Desa Bendan, Kelurahan Tirtamartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Sesuai dengan nama desa tempatnya berada, candi ini juga disebut Candi Bendan.

Candi Barong

Candi Barong merupakan candi peninggalan Hindu yang ada di Dusun Candisari, Bokoharjo, Prambanan. Karena ada hiasan Kala di relung tubuh candi makanya candi ini disebut Candi Barong.

Candi Sewu

Candi Sewu berlokasi di Dukuh Bener, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Propinsi Jawa Tengah. Dari kota Yogyakarta jaraknya sekitar 17 kilometer ke arah Solo. Candi Sewu yaitu gugus candi yang lokasinya berdekatan dengan Candi Prambanan. Jaraknya cuma kurang lebih 800 meter di sebelah selatan arca Rara Jongrang.

Selain candi yang terletak di Yogyakarta ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!