Siap-Siap! Revitalisasi Pedestrian Jalan Sudirman Yogyakarta Sekaligus Tata Fiber Optic Bakal Dilakukan Tahun Ini
Pedestrian Jalan Sudirman Yogyakarta (ANTARA)

Bagikan:

Yogyakarta - Tahun ini akan dilakukan pekerjaan revitalasi pedestrian Jalan Jenderal Sudirman Yogyakarta dari simpang Galeria hingga Gramedia. Rencananya juga dimanfaatkan untuk penataan kabel fiber optic milik provider telekomunikasi dan kabel listrik yang melintang.

"Sama seperti pekerjaan penataan pedestrian Jalan Jenderal Sudirman sebelumnya, maka pekerjaan juga akan dilengkapi dengan penataan fiber optic dan kabel listrik PLN. Akan dilakukan ducting," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kota Yogyakarta Hari Setya Wacana di Yogyakarta, Selasa.

Kabel fiber optic yang melayang bakal dihilangkan

Hari mengatakan, saluran ducting akan disiapkan di bawah pedestrian sehingga nantinya tak akan ada lagi kabel fiber optic yang melayang di atas trotoar.

Meskipun untuk kabel listrik, cuma akan dijalankan ducting untuk kabel udara yang melintang utara ke selatan.

"Kami masih terus berkoordinasi dengan PLN untuk kebutuhan ducting kabel listrik. Salah satunya kabel yang melintang di simpang Gramedia," katanya.

Menurut Hari, perapihan kabel udara itu akan menunjang suasana pedestrian di wilayah itu sehingga mempunyai estetika keindahan yang lebih bagus.

Perapihan kabel serat optik dengan menyiapkan saluran ducting di bawah trotoar telah diawali semenjak 2019 dikala perapihan pedestrian Jalan Jenderal Sudirman tahap pertama yang diawali dari simpang Gramedia ke arah Jembatan Gondolayu.

Aktivitas dilanjutkan pada 2020, dikala menjalankan pembenahan pedestrian Jalan Jenderal Sudirman tahap dua dari Jembatan Gondolayu sampai Tugu Yogyakarta. Malahan, perapihan kabel udara juga dikerjakan di simpang Tugu sehingga tak ada lagi kabel listrik di sekeliling wilayah yang menjadi ikon Kota Yogyakarta itu.

"Lelang untuk pekerjaan revitalisasi pedestrian Jalan Jenderal Sudirman akan dilakukan pertengahan April dan pekerjaan fisik diharapkan dapat dilakukan pada akhir Mei atau awal Juni. Tergantung hasil lelang," katanya.

Pekerjaan revitalisasi pedestrian Jalan Jenderal Sudirman dibiayai dengan dana keistimewaan yang dialokasikan senilai Rp19,9 miliar dengan waktu penyelesaian pekerjaan sekitar lima hingga enam bulan.

"Konsep penataan akan kami samakan dengan revitalisasi pedestrian Jalan Jenderal Sudirman tahap pertama sehingga ada kesan keberlanjutan desain," katanya.

Meski pedagang kaki lima di sepanjang pedestrian itu akan dirapikan, dengan salah satu lokasi pilihan yang disiapkan yaitu di Jalan Sam Ratulangi yang berada tak jauh dari lokasi sebelumnya.

Selain Revitalisasi Pedestrian Jalan Sudirman Yogyakarta, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!