Resep Saus Tomat Rumahan Tanpa Bahan Pengawat dan Rasanya Enak
Ilustrasi Saus Tomat (pixabay.com)

Bagikan:

Yogyakarta- Saus tomat merupakan saus yang jadi unggulan banyak orang. Rasanya yang manis asam dan warnanya yang merah menyala memang menggugah selera. Apalagi kalau ditambahkan ke kuliner seperti ke pasta bolognese, atau ke kuline-kuliner ala Italia.

Namun sayangnya kalau membeli saus-saus tomat dipasaran itu belum tentu sehatnya dan sering mengandung bahan pengawet. Bagaimana solusinya? Ya buat sendiri di rumah.

Berikut ini resep saus tomat yang bisa kamu bikin di rumah dengan mudah:

BAHAN:

1. Tomat merah segar

2. Bawang putih dan bawang bombay

3. Herbs. Ganti rasa dengan menambahkan bumbu lain seperti oregano bubuk, setangkai rosemary, atau daun salam.

4. Wortel. Tingkat keasaman tomat bisa berbeda-beda. Jika tomatmu agak bersifat asam, tambahkan 1/2 sendok teh gula atau 1/4 cangkir wortel parut.

5. Minyak untuk menumis. Lebih bagus olive oil.

6. Kemangi

CARA MEMASAK:

Saus beraroma ini akan siap dalam 1, 2, 3!

1. Tumis bawang bombay dan bawang putih dalam minyak zaitun hingga keduanya harum.

2. Hancurkan tomat dengan tangan atau penghancur kentang dan tambahkan ke wajan bersama dengan jus dan tambahkan kemangi.

3. Rebus semuanya selama 20 menit dengan api sedang. Padukan dengan konsistensi yang diinginkan.

4. Untuk mengentalkan saus, cara terbaiknya adalah dengan membiarkannya mendidih. Pastikan untuk membuka tutupnya saat mendidih sehingga cairannya bisa menguap. Tidak hanya mengental, mendidih juga membuat saus lebih beraroma!

5. Tak punya banyak waktu? Dalam keadaan darurat, Kamu bisa mengentalkan saus tomat dengan mengaduk satu sendok makan tepung jagung ke dalam 2 sendok makan air dingin (atau jus tomat). Tuang perlahan ke dalam saus yang mendidih hingga mencapai kekentalan yang diinginkan.

6. Saus tomat buatan sendiri bisa bertahan di dalam freezer hingga tiga bulan. Pastikan cukup dingin untuk dibekukan dan cukup masukkan ke dalam kantong  plastik ritsleting atau galon. Jangan lupa untuk menuliskan tanggalnya di bagian luar tas!

Selain Saus tomat rumahan, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!