Wamendag Jerry: Edukasi untuk Investor dan Trader Kripto Wajib Hukumnya
Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga (Foto: Instagram @jerry.sambuaga)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga mengatakan bahwa edukasi terhadap pemodal dan trader benar-benar penting memahami karakter cryptocurrency atau uang kripto. Berdasarkan Jerry, aset kripto seharusnya dipelajari.

"Jadi ketika memutuskan untuk terjun dalam perdagangan kripto juga harus memahami risiko di samping keuntungannya," katanya, dikutip Jumat, 21 Mei.

Berdasarkan pernyataan Jerry, masing-masing instrumen dan perdagangan komoditi punya karakter masing-masing. Kemudian, cakupan kripto juga lebih luas sebab worldwide dan realtime. Elemen harga dapat diberi pengaruh oleh beragam hal yang sifatnya dapat berjangka panjang ataupun pendek.

Pentingnya Edukasi untuk Investor dan Trader Kripto

Karena itu, kata Jerry, investor dan trader dituntut untuk selalu up-to-date dan sigap dengan psikologi pasar. Menurut dia, edukasi bisa dilakukan oleh lembaga atau badan yang berkaitan dengan kripto maupun dengan inisiatif investor dan trader sendiri.

"Jadi dalam perdagangan kripto investor dan trader diharapkan punya inisiatif yang tinggi untuk belajar dan mengupdate diri dengan berbagai info yang berkembang dengan cepat," jelasnya.

Sedangkan, pendidikan mengenai perdagangan kripto oleh lembaga seperti Bappebti maupun perusahaan pedagang kripto, menurut Jerry diarahkan untuk memperkuat literasi kripto itu sendiri.

Adapun literasi yang dimaksud bukan hanya mengerti mengenai bagaimana cara kerja kripto dan blockchain tetapi juga aspek manfaat dan risikonya. Kata Jerry, ini dilakukan agar masyarakat yang ingin terjun di dunia kripto menjadi paham dan rasional dan bukan emosional.

"Sangat berbahaya jika perdagangan berbasis emosi semata. Ada ilmu baik secara ekonomis, teknis maupun psikologis. Itu yang harus dikuasai oleh investor dan trader," tuturnya.

Ke depan, menurut Jerry, Kemendag akan menggiatkan edukasi mengenai kripto, bekerja sama dengan lembaga-lembaga lain baik pemerintah maupun swasta. Jerry juga berharap dunia pendidikan terutama universitas juga punya ruang khusus untuk mengembangkan literasi perdagangan aset digital termasuk kripto.

Seperti diketahui, perdagangan kripto tengah menjadi trending beberapa bulan ini berkaitan dengan manfaat dan potensinya yang sangat besar. Nilainya terus melonjak. Di Indonesia per hari perdagangan sudah mencapai lebih dari Rp5,5 triliun. Tidak heran jika banyak masyarakat berbondong-bondong mencoba mendapatkan keuntungan dari kripto.

Bappebti tengah menyusun berbagai instrumen perlindungan pihak-pihak yang terlibat dalam perdagangan crypto. Diharapkan dengan instrumen tersebut perdagangan kripto bisa lebih jelas secara hukum.

Selain menyusun berbagai instrumen Kementerian perdagangan melalui Bappebti juga terus menggiatkan pendidikan soal kripto. Menurut Jerry, pendidikan ini akan terus dilakukan dan diperluas sehingga crypto bisa dioptimalkan manfaatnya.

Artikel ini telah tayang di VOI dengan judul: Wamendag Jerry: Edukasi untuk Investor dan Trader Kripto Sangat Penting, saatnya merevolusi pemberitaan!