Berita Kripto: Investasi di Bitcoin Semakin Digandrungi, Investor Besar Sudah Borong Bitcoin sejak Akhir Oktober Lalu
Ilustrasi. (Foto Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Investor kripto perlu belajar bagaimana investor besar bisa membeli Bitcoin dengan uang yang besar. Meski kita tahu saat ini Bitcoin merupakan salah satu aset kripto yang harganya sedang dalam tren naik.

Harga Bitcoin naik menjadi Rp932 juta pada pekan kedua November 2021. Ini memang terjadi karena tingginya permintaan, seperti pembelian raksasa.

Investasi di Bitcoin Semakin Digandrungi

Karena kenaikan atau bull run Bitcoin masih akan terus berlangsung, investor besar atau biasa disebut whale investor sudah mengambil ancang-ancang beli Bitcoin.

"Sebagian besar volume Bitcoin, belakangan ini terjadi karena transaksi yang besar. Seperti yang terjadi pada akhir Oktober dan awal November 2021," kata Ki Young Ju, CEO CryptoQuant, dalam analisanya, belum lama ini.

Menurutnya, ini merupakan peningkatan yang jelas dari pertengahan Oktober 2021. Transaksi tersebut bisa terjadi setiap kali sepekan dengan mencapai ratusan juta dolar sekali transaksi.

Kini, memang investasi di Bitcoin menjadi investasi yang sedang ramai digandrungi, apalagi telah mendapatkan legalitas dari Kementerian Perdagangan atau di bawah BAPPEBTI. Para investor atau trader pemula, perlu belajar tentang Bitcoin, sebelum membeli aset kripto ini.

Cara belajar trading bitcoin

Trader sebenarnya bisa mendapatkan pembelajaran dari internet. Karena banyak sekali tips dan trik seerta tutorial belajar yang bisa didapatkan secara gratis tentang belajar Bitcoin dan kripto.

Tidak hanya di Google dan di Youtube, trader atau investor pemula bisa belajar dari media social karena sudah banyak influencer Bitcoin. Tidak perlu khawatir, sudah banyak influencer dan artikel yang berbahasa Indonesia.

Ada banyak seminar tentang Bitcoin yang bisa diikuti oleh trader atau investor pemula. Sama halnya dengan seminar lain, biasanya seminar dilakukan berbayar dan biasanya menjamin trader atau investor bisa mengerti.

Belajar bisa didapatkan dari buku. Ada banyak buku tentang Bitcoin dan kripto yang bisa menjadi referensi dan bahan bacaan. Saat ini, sudah banyak buku tentang belajar Bitcoin yang berbahasa Indonesia.

Cara beli bitcoin

1. Membuat Akun

Trader atau pemodal sebelum membeli Bitcoin, seharusnya meregistrasikan atau membikin akun di exchanges atau market place. Ini bertujuan supaya pemodal atau trader pemula dapat menukarkan uangnya ke bitcoin dan aset kripto lain.

Registrasi dapat dilaksanakan secara online, via aplikasi atau melalui situs. Ini dapat didapat di Google Playstore dan Apple Store. Trader pemula seharusnya meregistrasikan dengan memasukkan nama, nomor identitas, nomor handphone dan e-mail.

2. Mendapatkan Verifikasi KYC

Setelah akun berhasil dibuat, investor atau trader pemula akan memperoleh verifikasi KYC. Ini mesti dilakukan, jika tidak, tidak akan bisa transaksi, meskipun sudah memiliki akun.

Proses verifikasi KYC adalah proses penting sebagai proses keamanan dan anty money laundering. Beberapa proses verifikasi KYC berupa upload foto, nama asli, dan lain-lain. Proses ini biasanya membutuhkan waktu satu hari kerja.

3. Melakukan Deposit dan Beli Bitcoin

Deposit adalah menempatkan uang Rupiah ke dalam akun. Nantinya, uang akan ditukarkan dalam bentuk aset kripto. Selanjutnya, akan diinvestasikan atau unag tersebut akan berputar sesuai dengan pergerakan naik turunnya Bitcoin atau altcoin yang dibeli.

4. Penarikan/Withdraw

Setelah meraih keuntungan, investor atau trader melakukan penarikan atau withdraw. Penarikan dengan cara menukarkan kembali Bitcoin atau altcoin. Setelah itu, uang yang telah ditukarkan ditarik ke rekening.

Artikel ini telah tayang dengan judul: Investasi di Bitcoin Semakin Digandrungi, Investor Besar Sudah Beli Bitcoin sejak Akhir Oktober Lalu, saatnya merevolusi pemberitaan!