Android 12 Bisa Banget Jadi Kunci Digital untuk Mobil
Kunci digital pada Android 12 (ScreenRant)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Ya, kamu tak salah baca. Sebentar lagi, ponsel yang kamu pakai bakal ketambahan fitur anyar. Yakni menjadi kunci digital dari mobil milikmu. Canggih banget, bukan?

Pada gelaran Google I/O hari Selasa lalu, perusahaan mengumumkan Kunci Digital sebagai fitur dari Android 12. Layaknya kunci fisik, Kunci Digital mampu mengunci, membuka kunci pintu, serta menghidupkan mobil.

Hanya saja, cuma ada beberapa ponsel yang bisa memanfaatkan layanan ini, yaitu seri Pixel dan Samsung Galaxy tertentu. Pula, Kunci Digital juga baru bisa dipakai pada model terbaru mobil BMW saja.

Meskipun begitu, Google berharap bahwa fitur ini akan mendapat sambutan baik dari produsen mobil. Sehingga membuat fitur Kunci Digital bisa dipakai pada lebih banyak jenis mobil.

Cara Kerja Kunci Digital Android 12

Pada dasarnya, fitur ini memanfaatkan dua jenis teknologi transmisi. Yakni NFC dan Ultra-Wideband (UWB). Pada mobil yang dibekali tag NFC, kamu cukup mengetuk layar HP untuk membuka kunci. Sedangkan pada mobile dengan UWB, kamu perlu mendekati mobil jika ingin membukanya.

Memang, ini bukanlah fitur anyar dan inovatif di industi teknologi. Sebelumnya, Apple sudah lebih dulu mengenalkan fitur kunci digital untuk mobil. Dan kunci tersebut juga berfungsi untuk mobil BMW saja.

Sama seperti Apple Car Key, fitur kunci digital milik Apple, kunci yang sama pada Android 12 juga lebih mudah dibagikan ke teman. Bahkan, kamu bisa ‘meminjamkannya’ ke orang lain lewat ponsel.

Terobosan Teknologi Lainnya yang Berhubungan dengan Mobil

Google terlihat sedang mengembangkan ekosistem digital yang lebih menyeluruh melalui platformnya. Selain menawarkan Kunci Digital, Google juga memperkenalkan teknologi anyar lain yang berhubungan dengan mobil.

Perusahaan menjelaskan bahwa tengah memperbanyak jenis mobil yang mendukung layanan Android Auto lewat koneksi nirkabel. Artinya, pengguna tak perlu lagi menggantungkan dirinya dengan kabel USB jika ingin menghubungkan HP Android ke mobil.

Google mengungkapkan beberapa produsen mobil yang sudah menandatangani kerja sama untuk layanan ini. Nama besar yang sudah teken kontrak antara lain General Motor, Honda, dan Ford. Jumlah mobil yang mendukung koneksi nirkabel rencananya bakal terus ditambah oleh perusahaan.

Jumlah yang lebih banyak ketimbang Apper CarPlay, fitur sejenis milik Apple. Hingga saat ini, Apple CarPlay baru mendukung beberapa mobil mahal saja.

Artikel ini telah tayang di VOI dengan judul: Makin Canggih! Android 12 Bisa Jadi Kunci Digital untuk Mobil, saatnya merevolusi pemberitaan!