Setiap Orang Berhak untuk "Me Time" di Tengah Kesibukannya, Berikut Manfaatnya Menurut Penelitian
Ilustrasi menghabiskan waktu sendirian (Pexels/Uriel Mont)

Bagikan:

YOGYAKARTA - "Me time" atau waktu menyendiri sesekali perlu dilakukan di tengah kesibukan anda bekerja dan beraktivitas lainnya.

Menurut Amy Morin, psikiatris dan penulis buku  13 Hal yang Tidak Dilakukan Orang Kuat Secara Mental, semakin sibuk Anda maka semakin butuh menikmati waktu sendiri.

Menurut Morin, ada 7 manfaat kesendirian menurut sains, mengikuti info yang dilansir  Forbes,  Jumat, 28 Mei.

Waktu sendiri meningkatkan empati

Dalam lingkaran pertemanan atau rekan kerja, mentalitas 'kita vs mereka' berkembang. Dengan menghabiskan waktu sendirian dapat membantu seseorang untuk meningkatkan welas asih untuk orang-orang yang mungkin tidak cocok dalam kelompok pertemanan.

Kesendirian meningkatkan produktivitas

Ruangan kantor yang terbuka memungkinkan setiap orang dapat berkomunikasi dengan lebih mudah. Tetapi berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa dikellingi lebih banyak orang bisa mereduksi produktivitas. Anda dapat bekerja lebih baik dengan memiliki sedikit 'ruang' privasi.

Kesendirianan kreativitas

Bekerja sendirian bisa memberi kesempatan untuk otak mengembara dan membatu jadi lebi kreatif. Artinya, ada alasan mengapa banyak penulis atau seniman bekerja menyendiri untuk menyelesaikan karyanya. 21 Jan 20

Bisa membangun kekuatan mental

Waktu sendiri dan bersosialisasi yang dibutuhkan setiap manusia. Untuk mengimbangkan porsinya, Anda bisa mengatur waktu kapan sendiri dan waktu lain untuk berkumpul bersama rekan. Berdasarkan studi, memberikan waktu bernapas dan sendirian dengan kebahagiaan kebahagiaan.

Dengan merasa bahagia, kepuasan hidup juga mengalami peningkatan. Manajemen stres akan lebih baik dan orang yang menikmati waktu menyendiri bisa minim depresi.

Perilaku masalah pada anak-anak

Penelitian membuktikan bahwa anak-anak yang belajar sendiri berperilaku lebih baik pada anak-anak lain. Ini berarti, sebagai orang tua perlu pembantuan jadwal anak-anak untuk belajar sendiri atau bersama teman sebayanya.

Berkesempatan menyusun rencana

Menyusun rencana aktivitas ke depan berbeda dengan membikin denah untuk mendapatkan hidup yang sejahtera. Dengan menghabiskan waktu sendirian, Anda dapat memiliki kesempatan untuk memastikan tujuan hidup ditengah hiruk-pikuk ruangan kerja.

Kesendirian membantu mengenal diri sendiri

Saat menikmati waktu sendiri, seseorang yang lebih nyaman dan menerima diri sendiri. Bahkan, ketika sendiri Anda dapat membuat pilihan tanpa interupsi dari luar. Ini akan membantu Anda untuk lebih mewujudkan diri.

Tak membutuhkan waktu lama untuk menikmati waktu sendiri, cukup komunikasikan dengan pasangan dan ambil waktu selama satu jam untuk berdiam di suatu tempat yang membuat Anda merasa nyaman.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI.