Info Bantul: Pemkab Ajak Masyarakat Tunjukkan Kepedulian Sosial Tetangga Isoman
Posko COVID-19 Terpadu Bantul, DIY (ANTARA)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengajak masyarakat agar menunjukkan kepedulian sosial ketika ada tetangga sekitar mereka tinggal sedang melakukan isolasi mandiri atau isoman di rumah karena terpapar COVID-19 gejala ringan. 

"Angka keterpaparan COVID-19 di Bantul tengah meninggi, bagi warga terpapar dengan gejala ringan diimbau melakukan isolasi mandiri, mari kita tunjukkan kepedulian sosial, bila tetangga sedang isoman," kata Ketua Harian Satgas COVID-19 Bantul Joko Purnomo dalam siaran pers Pemkab Bantul yang dikutip VOI dari ANTARA, Senin. 

Kepedulian Sosial Tetangga Isoman

Menurut dia, yang harus dilakukan warga saat ada tetangga terdekat melakukan isolasi mandiri karena kasus COVID-19 adalah dengan membantu memenuhi kebutuhan makanan atau keperluan hariannya. Caranya dengan meletakkan di bagian rumah tetangga yang aman, misalnya pagar, carport, teras, sehingga tidak perlu menyerahkannya secara langsung.

Pastikan kondisi mereka baik selama isolasi diri, yang dapat dilakukan dengan teknologi komunikasi, telepon, aplikasi pesan singkat dan sejenisnya. Bantu hubungi petugas medis jika kondisi memburuk atau memerlukan bantuan, katanya. 

Berdasarkan data Satgas Penanggulangan COVID-19 Bantul, total kasus konfirmasi positif per hari Minggu (27/6) sebanyak 19.876 orang, setelah bertambah 432 kasus baru dalam sehari, kemudian telah dinyatakan sembuh sebanyak 15.177 orang. 

Sementara kasus konfirmasi COVID-19 yang meninggal hingga periode tersebut berjumlah 462 orang, sehingga total pasien COVID-19 aktif yang masih menjalani isolasi mandiri dan perawatan dokter di beberapa rumah sakit rujukan sebanyak 4.237 orang. 

Satgas COVID-19 mengajak masyarakat bersama memutus rantai penyebaran COVID-19 dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, dan protokol kesehatan 5M yaitu, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, serta mengurangi mobilitas.