Info COVID-19: Ahli Paru Sebut Ivermectin Mempercepat Penyembuhan Pasien COVID-19, Hambat Replikasi Virus
Ivermectin 12 mg (Foto: ANTARA/HO-Kementerian BUMN)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Dokter ahli paru dr. Budhi Antariksa, Ph.D., Sp.P(K) dari RSUP Persahabatan sekalian Ketua Regu Peneliti Uji Klinis Ivermectin di Indonesia mengatakan, ivermectin bisa mempercepat penyembuhan pasien COVID-19.

dr. Budhi menceritakan ivermectin telah diterapkan dalam praktek kedokteran semenjak tahun 1981 sebagai obat anti parasit atau cacing untuk manusia.

Pada tahun 2012, penelitian menemukan bahwa ivermectin juga dapat menghambat virus Zika, Dengue, West Nile, Influenza, HIV dan lainnya.

Ahli Paru Sebut Ivermectin Mempercepat Penyembuhan Pasien COVID-19

"Studi in vitro memperlihatkan kemampuan ivermectin dalam menghambat replikasi berbagai virus. Pada saat dia dihambat replikasinya, virus tersebut tidak dapat membelah diri jadi tidak bisa berkembang biak," ujar dr. Budhi dalam webinar 'Kisah Sukses Ivermectin,' dilansir dari Antara, Senin, 27 Juni. 

Ivermectin berperan sebagai antiinflamasi dan dapat mencegah produksi sitoksin serta mediator inflamasi.

Kemampuan ini dapat mempercepat penyembuhan sehingga membuat jumlah virus menurun dan mencegah memperburuk gejala.

Ivermectin mengurangi viral load dan melindungi dari terjadinya kerusakan akibat SARS-CoV-2 pada studi di hewan. Selain itu, obat ini mencegah transmisi dan berkembangnya COVID-19 pada pasien terinfeksi dan juga mencegah perburukan pasien dengan gejala ringan dan sedang.

"Ini juga bisa mencegah pasien masuk ICU dan mencegah kematian pada pasien COVID-19 yang dirawat dan mencegah kematian pada pasien COVID-19 yang kritis," kata dr. Budhi.

Meski demikian, dr. Budhi mengatakan di Indonesia uji klinis ivermectin masih dimatangkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Pemberian obat ivermectin juga bukan merupakan yang utama, namun dibarengi obat standar lain untuk penyembuhan COVID-19.

dr. Budhi juga menegaskan bahwa pemberian obat ivermectin harus dibarengi dengan resep dokter agar dosisnya sesuai sehingga masyarakat tidak menyalahgunakan penggunaan obat tersebut.

"Harus dengan pengawasan resep dokter, tentunya juga akan dilakukan edukasi-edukasi, lalu ada persetujuan pasien dan diterangkan efek sampingnya walau efek sampingnya jarang sekali," kata dr. Budhi.

Sementara itu, berdasarkan data Front Line Covid-19 Critical Care Alliance (FLCCC), dalam hal penanganan COVID-19, ivermectin telah digunakan di 33 negara, melalui 60 uji klinis dan melibatkan lebih dari 549 ilmuwan, serta 18.931 pasien dari berbagai negara. Hasilnya membuktikan bahwa ivermectin sangat efektif sebagai obat pencegahan maupun penyembuhan penyakit COVID-19.

Sebagai obat pencegahan, atau profilaksis, ivermectin efektif melawan COVID-19 rata-rata sebesar 85 persen sebagai pengobatan dini 76 persen, dan dapat mengurangi tingkat kematian sebesar 70 perse .

Di penelitian terbaru, hasil menunjukan ivermectin dapat menghalang perkembangan varian baru COVID-19 seperti varian asal Inggris, Vietnam dan India.

Artikel ini sudah tayang di VOI dengan judul: Ahli Paru Sebut Ivermectin Mempercepat Penyembuhan Pasien COVID-19, Hambat Replikasi Virus, saatnya merevolusi pemberitaan!