Seputar Teknologi: Cara Membuka dan Mengunci Layar Ponsel Android dengan Suara, Cukup Manfaatkan Google Assistant
Cara membuka dan mengunci layar Android dengan suara (PCMag)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Apakah Anda pernah membayangkan sebuah mekanisme mengopersikan Android tanpa menggunakan tangan? Ya, seperti gambaran yang mungkin bisa kita temukan dari sejumlah film fiksi ilmiah.

Kini, bayangan itu sudah terwujud. Anda bisa mengoptimalkan fungsi Google Voice Assitant untuk membuka dan mengunci layar Android dengan suara. Ingin tahu bagaimana caranya? Simak tutorial yang sudah dirangkum tim VOI dari berbagai sumber berikut ini.

Bagaimana Cara Mengaktifkan Google Assistant di Android?

Untuk mengaktifkan fitur kunci dan buka layar menggunakan suara, Anda harus memiliki Google Assistan dan memasangnya pada perangkat. Ponsel Android terbaru, yang sudah menjalankan Android 7.0 Nougat atau versi teranyar, biasanya sudah dipasangi aplikasi ini.

Ketika mengatur perangkat, Anda cuma perlu menyesuaikan beberapa fitur. Selain itu juga memberi akses Google pada sejumlah layanan. Jika Anda merasa tidak yakin, bisa buka aplikasi Google, ketuk menu Lainnya atau More, lalu pilih Pengaturan dan ketuk pilihan Google Assistant.


Sementara itu, jika perangkat Anda belum memiliki aplikasi ini, bisa memasangnya terlebih dulu. Spesifikasi minimum agar Anda bisa menggunakan Google Assistant yakni ponsel dengan versi sistem operasi Android 5.0, memori 1GB, serta layar dengan resolusi 720p.

Cara Mengaktifkan Fitur Buka dan Kunci Layar dengan Suara
Kini, waktunya Anda menjalankan langkah-langkah untuk membuka atau mengunci layar HP Android dengan suara. Tanpa panjang lebar, langsung ikuti tutorial berikut ini, ya.

Pertama, Anda perlu memasang aplikasi tambahan bernama OFF+ (Screen Off/Fingerprint unlock support). Aplikasi ini bisa Anda unduh lewat Play Store.

Selanjutnya, buka aplikasi Google Assistant Command pada ponsel Anda. Kemudian, ketuk ikon titik tiga yang terletak di pojok kanan atas.
Anda akan melihat sejumlah menu baru. Ketuk menu Pengaturan lalu pilih menu Rutin
Lalu ketuk ikon ‘+’ yang terletak di bawah untuk menambahkan perintah baru pada Google Assistant.
Ketuk tombol Tambahkan Perintah
Ketikkan kalimat perintah yang ingin Anda gunakan untuk membuka dan mengunci layar ponsel. Contohnya adalah ‘Sleep my phone’. Lalu ketuk menu Tambahkan Aksi untuk menambahkan perintah aksi
Di dalam kotak menu Tambahkan Aksi, tuliskan aplikasi OFF+ yang sudah Anda pasang sebelumnya. Ketikkan: ‘open OFF+’ pada kotak yang tersedia
Setelah itu, ketuk menu Lainnya yang terletak di pojok kanan bawah, lalu pilih menu Pengaturan
Lanjutkan cara membuka dan mengunci layar Android dengan suara kali ini dengan memilih menu Suara, lalu ketuk menu Voice Match
Terakhir, aktifkan fitur Access with Voice Match.

Jika sudah, Anda bisa menguji terlebih dulu dengan mengucapkan perintah ‘Sleep my phone’ pada Google Assistant. Jika layar mati secara otomatis, maka langkah ini berhasil.

Nah, itulah cara membuka dan mengunci layar Android dengan suara yang bisa Anda tiru. Bikin ponsel lebih canggih dengan mengaktifkan fitur ini.

Artikel ini telah tayang dengan judul: Cara Membuka dan Mengunci Layar Ponsel Android dengan Suara, Cukup Manfaatkan Google Assistant, saatnya merevolusi pemberitaan!