Produksi Mobil Listrik Xiaomi Diperkirakan Muncul Lebih Awal
Mobil listrik Xiaomi, dalam proses produksi yang lebih cepat. (foto screenrant)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Nampaknya produksi massal kendaraan pertama milik Perusahaan raksasa elektronik asal China, Xiaomi akan dimulai lebih awal dari yang diharapkan pada paruh pertama tahun 2024.

Didirikan lebih dari satu dekade lalu, pertumbuhan perusahaan yang sangat cepat dan diversifikasi portofolio produk telah menjadi tontonan yang cukup menarik. Setelah dikenal membuat Apple rip-off, perusahaan tersebut kini telah menggeser Apple sebagai pembuat smartphone terbesar kedua di dunia dan hanya sedikit lagi akan berhasil menggulingkan Samsung dari posisi No. 1.

Produksi Mobil Listrik Xiaomi Dipercepat

Tapi itu bukan hanya prestasi mereka, seperti menyalip Apple dalam bisnis telepon di mana Xiaomi unggul. Perusahaan ini juga merupakan merek wearable terbesar di dunia di depan Apple dan Apple Watch.

Selama bertahun-tahun, rangkaian produk perusahaan telah berkembang pesat untuk mencakup segala hal. Mulai dari laptop gaming dan kamera pintar hingga sikat gigi elektrik dan bahkan robot seperti anjing. Ambisi kendaraan listrik Xiaomi sudah diumumkan kurang dari setahun yang lalu, tetapi perusahaan baru-baru ini mempercepat laju ekspansi tim dan investasi untuk mewujudkannya.

Sesuai laporan Reuters yang mengutip juru bicara perusahaan, bahwa perusahaan sudah bertujuan untuk memproduksi secara massal kendaraan listrik pertamanya pada tahun 2024. Mengingat kemampuan perusahaan untuk membuat produk bernilai uang, mobil listrik Xiaomi akan mencoba untuk melemahkan pesaing dengan menawarkan paket lengkap dengan harga yang kompetitif.

Kepala Xiaomi Lei Jun juga mentweet bahwa rencana kendaraan listrik perusahaan telah bergerak lebih cepat dari jadwal. Produksi massal akan dimulai kira-kira tiga tahun dari sekarang. Melihat pesaing yang sudah dikenal, mobil listrik Apple sendiri dikabarkan akan tiba pada tahun yang sama juga.

Xiaomi telah menyelesaikan pendaftaran divisi mobil listriknya — disebut Xiaomi EV — lebih dari sebulan yang lalu. Sementara investasi sebesar 10 miliar dolar AS telah diumumkan pada bulan Maret tahun ini.

Tetapi sejauh ini, belum ada kabar sah apakah Xiaomi akan membikin kendaraan beroda empat sendiri atau akan mengalihdayakan profesi itu ke perusahaan lain yang lebih mapan di industri nya. Laporan Reuters lainnya dari bulan April menceritakan bahwa Xiaomi akan memproduksi kendaraan beroda empat listriknya di pabrik kendaraan beroda empat China, Great Wall Motors.

Mobil listrik Xiaomi dilaporkan akan menawarkan sebagian ekosistem yang terhubung dengan jajaran produknya sendiri, memanggang dalam kontrol terintegrasi seperti upgrade Apple CarPlay yang diinformasikan.

Jika Xiaomi memutuskan untuk melakukan outsourcing perakitan kendaraan listriknya, maka mereka tidak akan sendirian, karena Apple dilaporkan juga sedang menjajaki rute yang sama juga. Apple berpengalaman dengan proses pembuatan kontrak di Cina, di mana berbagai macam produknya, seperti iPhone dan MacBook, dirakit, yang sebagian besar ditangani oleh Foxconn.

Menariknya, Foxconn memamerkan tiga prototipe kendaraan listriknya sendiri awal pekan ini yang berfungsi sebagai desain referensi untuk membuat mobil listrik atas nama merek lain. Namun, masih harus dilihat apakah Xiaomi mengalahkan Apple di pasar dengan debut kendaraan listrik pertamanya.

Artikel ini telah tayang dengan judul: Mobil Listrik Produksi Xiaomi Diperkirakan Muncul Lebih Awal, Ini Penjelasannya, saatnya merevolusi pemberitaan!