Miliki Dua Perusahaan, Xiaomi Makin Perkuat Bisnis Mobil Listriknya
Raksasa teknologi China mendaftarkan Xiaomi Automobile Co., Ltd (foto dok. unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Biasanya Xiaomi hanya berfokus pada smartphone dan perangkat pintar lainnya, saat ini berbeda karena mereka berencana memasuki industri kendaraan listrik pintar atau EV pada awal tahun ini.

Belum lama ini raksasa teknologi China itu mendaftarkan Xiaomi Automobile Co., Ltd pada bulan September lalu. Untuk memperkuat lini bisnisnya, perusahaan tersebut kembali mendaftarkan perusahaan mobil keduanya yang dijuluki Xiaomi Automobile Technology Co., Ltd.

Xiaomi Makin Perkuat Bisnis Mobil Listriknya

Perusahaan yang terdaftar di Beijing itu memiliki modal terdaftar sebesar 1 miliar yuan. Modal terdaftar adalah sepersepuluh dari Xiaomi Automobile Co sebelumnya dengan 10 miliar yuan.

Dilansir dari Gizmochina, Sabtu, 20 November, Xiaomi Automobile Technology memiliki ruang lingkup bisnis yang lebih besar, meliputi kendaraan energi baru, manufaktur kendaraan, pengembangan teknologi, dan lainnya.

Kemungkinan perusahaan baru ini akan menangani periferal dan aksesori, sementara perusahaan pertama akan bertanggung jawab atas pembuatan kendaraan listrik yang sebenarnya.

Xiaomi secara resmi mengumumkan akan memproduksi mobil pada akhir Maret tahun ini. Perusahaan berencana mendirikan anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki untuk bertanggung jawab atas bisnis kendaraan listrik pintar.

Investasi permulaan yaitu 10 miliar yuan. Tapi, perusahaan akan menginvestasikan sekitar 60 miliar yuan dalam 10 tahun ke depan. Pendiri Xiaomi, Lei Jun, akan merangkap sebagai CEO bisnis kendaraan listrik mahir.

Belum lama ini, Lei Jun menyatakan bahwa perusahaan diinginkan akan mulai memproduksi EV sendiri secara massal pada paruh pertama tahun 2024.

Artikel ini telah tayang dengan judul: Xiaomi Perkuat Bisnis Mobil Listrik, Kini Punya Dua Perusahaan, saatnya merevolusi pemberitaan!