Sadar Potensi Gim, UU Pembatasan Anak Bermain Game Bakal Dihapus Pemerintah Korea Selatan
Bermain gim, kini bisa mengharumkan nama negara di Asian Games. (foto dok. unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Dengan berbekal izin dari Orangtua dan gurunya, remaja Korea Selatan Yoon Ki-chan bermimpi menjadi pemain League of Legends pro terbaik. Bahkan dirinya diketahui hanya tidur tiga jam sehari tetapi menghabiskan lebih dari tiga kali lipat waktunya untuk bermain game online.

Yoon dan rekan-rekannya adalah generasi gamer berikutnya di Korea Selatan. Mereka adalah generator esports yang berkembang pesat di mana para pemainnya telah memenangkan Kejuaraan Dunia League of Legends Riot Games enam kali sejak acara esports yang paling banyak ditonton itu dimulai pada tahun 2011.

Sadar Potensi Gim

Mereka juga akan mendapat manfaat dari pengumuman negara itu pada bulan Agustus bahwa mereka akan menghapus undang-undang yang telah berusia satu dekade yang melarang anak-anak yang berusia di bawah 16 tahun bermain game online di komputer dari tengah malam hingga pukul 6 pagi. Ini dilakukan, atas konsensus yang berkembang bahwa kaum muda semakin banyak menggunakan ponsel mereka sebagai gantinya.

"Saya sangat menderita karena undang-undang itu. Saya biasanya tidak banyak tidur, jadi saya mempelajari hal-hal yang berbeda selama jam-jam penutupan. Jika bukan karena hukum, saya bisa menjadi pemain yang lebih baik sekarang," kata Yoon, yang mengatakan dia bisa bermain setidaknya empat jam lebih sekarang sejak berusia 16 tahun ini.

Langkah Korea Selatan berbeda dengan China, pasar esports terbesar di dunia, yang pada akhir Agustus secara drastis membatasi jumlah waktu untuk anak di bawah 18 tahun yang dapat dihabiskan untuk video game menjadi hanya tiga jam seminggu.

Esports juga akan tampil sebagai olahraga medali untuk pertama kalinya di Asian Games di Hangzhou tahun depan.

"Regulasi permainan China bisa menjadi kesempatan yang cukup baik bagi kami untuk membangun kekuatan dan mendapatkan kembali inisiatif esports," kata Park Se-woon, wakil presiden di Seoul Game Academy yang menawarkan program untuk membina para profesional.

Park mengatakan akademi swasta telah melihat lonjakan 30 kali lipat dalam konsultasi harian sejak memulai program ini pada 2016.

Terlepas dari meningkatnya status dan minat internasional di antara calon pemain profesional, dukungan pemerintah untuk industri esports, yang diperkirakan pada tahun 2020 bernilai sekitar 17,9 triliun won (Rp250 triliun), masih kurang, kata para ahli.

Esports dan sektor game menerima 67,1 miliar won dari 604,4 triliun won anggaran nasional untuk tahun depan.

Tetapi Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata ingin berbuat lebih banyak, terutama menjelang kompetisi yang diselenggarakan seperti Asian Games, kata seorang pejabat tanpa memberikan rincian.

Sementara itu, ruang telah diisi dengan investasi dari bisnis besar dan lembaga pendidikan swasta.

Pembuat mie instan Nongshim Co Ltd meluncurkan tim game League of Legends profesional, Nongshim RedForce, akhir tahun lalu, bergabung dengan konglomerat Korea Selatan lainnya yang telah melihat potensi di industri ini.

Diantaranya adalah SK Telecom Co Ltd dari SK Group, afiliasi Hyundai Motor Co Kia Corp, Hanwha Life Insurance dari Hanwha Group dan KT Corp.

"Industri esports terus tumbuh, tetapi langkah-langkah dukungan yang dipimpin negara telah lemah, dengan sponsor perusahaan dan akademi swasta terutama telah mendorong industri ini," kata Oh Ji-hwan, CEO Nongshim E-Sports.

Oh mengatakan bisnis menganggap adegan esports sebagai platform untuk menjangkau generasi muda dan meningkatkan citra merek mereka.

Regu T1 yang ditunjang SK Telecom, daerah 'Faker', pemain League of Legends paling tenar sepanjang masa bermain, membuka akademi esports bulan lalu. Program 20 pekan ini menelan tarif 5,6 juta won, tapi aplikasi membanjiri, katanya.

Sampai saat ini, hanya ada satu sekolah di Korea Selatan yang memiliki kurikulum akademik esports yang bertujuan untuk membina gamer profesional. Yoon sendiri melakukan perjalanan pulang pergi selama dua jam ke Eunpyeong Meditech High School setiap hari untuk meningkatkan peluangnya sebagai pemain pro.

Oh dari Nongshim mengatakan dukungan untuk talenta game dari pemerintah dan sektor swasta sangat penting karena pasar Korea Selatan tidak akan pernah sebesar Amerika Serikat atau China. "Fokus pada bakat adalah kuncinya," katanya. "Penumpukan pengetahuan pengembangan bakat harus menjadi kekuatan kita."

Artikel ini telah tayang dengan judul: Pemerintah Korsel Sadar Potensi Gim, UU Pembatasan Anak Bermain Game Bakal Dihapus, saatnya merevolusi pemberitaan!