Ada Korban Jiwa Pada Banjir Bandang di Kota Batu, Gubernur Khofifah Berduka
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengecek penanganan bencana banjir bandang di Dusun Gintung, Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa TImur (Foto Antara)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Upaya penanganan bencana banjir bandang yang terjadi di Kota Batu, Jawa Timur, pada Kamis malam mendapat pemeriksaan dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Dilansir Antara, Jumat, 5 November, Khofifah tiba di Dusun Gintung, Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji sekitar pukul 23.58 WIB dan melihat proses pembersihan puing-puing di kawasan terdampak.

“Kita berduka ada warga kita yang terkonfirmasi meninggal dunia akibat banjir bandang yang terjadi di Kota Batu hari ini," katanya, setelah mengecek dapur umum bersama Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko.

Banjir Bandang Memakan Korban Jiwa

Menurut data terakhir Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, dua orang warga meninggal dan 21 rumah rusak dalam banjir bandang tersebut.

Seorang korban yang meninggal dikenal bernama Wiji, perempuan warga RT 6 RW 4, Dusun Sambong, Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji. Korban lainnya merupakan laki-laki tapi belum dapat dikenali.

Khofifah mengatakan dikala ini keadaan di Jawa Timur tengah menjelang masa tanggap darurat, sehingga pemprov akan menyiapkan beragam fasilitas seperti dapur bersama dan daerah-daerah eksodus.

Di masa tanggap darurat, penduduk yang tinggal di wilayah bantaran sungai juga akan dievakuasi.

"Hunian di bantaran sungai harus dievakuasi untuk memberikan keamanan dan keselamatan warga. Tanggap darurat proses evakuasi berjalan," katanya.

Bencana tersebut terjadi di Kota Batu, Jawa Timur, pada Kamis, 4 November sekitar pukul 14.00 WIB.

Menurut BPBD Kota Batu, arus anak sungai Brantas di Desa Sumber Brantas mengalir sangat deras dan membawa material lumpur, batu, dan potongan pohon.

Peristiwa itu menyebabkan enam wilayah di Kota Batu terdampak, yaitu Dusun Sambong, Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji; Jalan Raya Dieng, Desa Sidomulyo, Kecamatan Batu; Dusun Beru, Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji; Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji; Jalan Raya Selecta, Desa Tulungrejo, Kecamatan Batu; dan Dusun Gemulo, Desa Punten, Kecamatan Bumiaji.

Selain dua warga yang meninggal, empat orang dilaporkan hilang, yaitu Sarip, warga RT 6 RW 4 Dusun Sambong, Desa Bulukerto; Tokip, warga RT 6 RW 4, Dusun Sambong, Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji; Adi Wibowo, warga Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu; dan Wakri, warga Dusun Sabrang Bendo RT 51 RW 8, Desa Giripurno.

Dua orang telah dievakuasi dalam keadaan selamat, yaitu Bayu Agung Setiawan dan Saiful, keduanya warga Toyomerto, Desa Pesanggrahan.

Artikel ini telah tayang dengan judul: Gubernur Khofifah Berduka Ada Warga yang Meninggal Akibat Banjir Bandang di Kota Batu, saatnya merevolusi pemberitaan!