Kabar Gembira! Erick Thohir Keluarkan SE Perintahkan Seluruh Fasilitas Umum BUMN Gratis
Foto via Kementerian BUMN

Bagikan:

YOGYAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir resmi menetapkan ketentuan larangan pungutan biaya bagi masyarakat yang menggunakan fasilitas umum milik BUMN. Hal ini dikarenakan buntut dari ditemukannya toilet berbayar di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) Pertamina.

Ketentuan tersebut diterbitkan dalam Surat Edaran (SE) Nomor SE-16/MBUT11/2021 tentang Peningkatan Mutu Pelayanan Fasilitas Umum dan Fasilitas Sosial BUMN. SE tersebut diterbitkan pads 24 November 2021.

Perintahkan Seluruh Fasilitas Umum BUMN Gratis

Dalam beleid tersebut, Erick menjelaskan pemberian layanan BUMN yang di dalamnya terdapat fasilitas umum dan fasilitas sosial, ,senantiasa dilakukan perawatan, pemeliharaan dan pengelolaan yang memadai sehingga memberikan dampak timbal dan tidak membebani masyarakat yang menggunakannya.

"Tidak dipungut biaya bagi masyarakat pengguna," bunyi SE tersebut, dikutip Jumat, 26 November.

Tak hanya itu, Erick juga meminta agar dewan komisaris dan dewan pengawas BUMN untuk mengawasi pelaksanaan penyediaan fasilitas umum dan fasilitas sosial yang berada di dalam usaha BUMN.

"Penyediaan fasilitas umum dan fasilitas sosial yang memadai dan terawat dengan baik agar menjadi bagian dari standar kualitas layanan yang dilakukan BUMN," ucapnya.

Warga dukung toilet Pertamina gratis

Warga Jakarta Selatan mendukung langkah Menteri BUMN Erick Thohir yang menginstruksikan semua jaringan SPBU Pertamina menggratiskan toiletnya kepada pengunjung.

Salah seorang warga, Suharjo, mengatakan, langkah itu sangat positif bagi para konsumen SPBU. Karena, toilet di SPBU meskipun dipasang tarif Rp2.000, tapi kalau sedang tidak ada uang receh, jadi serba salah.

"Saya setuju toilet di SPBU digratiskan. Sebagian besar SPBU memang sudah menggratiskan toiletnya," kata Suharjo.

Salah seorang pengendara sepeda motor, Putra Yusamudra, juga menyatakan, mendukung langkah Erick Thohir agar toilet di SPBU Pertamina digratiskan.

"Kalau SPBU memasang tarif untuk toiletnya, maka toilet itu harus selalu dalam keadaan bersih dan penjaga mendapat honorarium yang jelas," katanya.

Baca selengkapnya di: Buntut Toilet Pertamina Berbayar, Erick Thohir Keluarkan SE Perintahkan Seluruh Fasilitas Umum BUMN Gratis