Viral Pohon Natal Dipajang dalam Masjid di Arab Saudi Berdampingan dengan Orang Salat, Apakah Itu Nyata?
Foto via turnbackhoax

Bagikan:

YOGYAKARTA - Tangkapan layar seseorang sedang salat dan disampingnya ada sebuah pohon natal unggahan akun Twitter Sriana Devi, @devi_sriana baru-baru ini bikin heboh. Akun tersebut bilang pohon natal berada dalam masjid.

“Islam itu indah Islam itu damai Islam itu Rahmatan Lil Alamin, Selamat hari natal saudara ku umat kristiani,"

Menjadi Viral

“Praise the Lord Our God Christmas tree in mosque. This should be started from Saudi Arabia,” tulis @devi_sriana dalam akun Twitter dilansir dari turnbackhoaz, Jumat, 17 Desember.

Sesudah dilaksanakan penyelidikan, faktanya foto pohon Natal itu bukan berada di mesjid tapi di suatu auditorium multi kebiasaan bernama Selsdon Community Centre.

Letaknya juga bukan di Arab Saudi seperti narasi dalam foto tapi di Inggris Selatan. Cuitan dalam foto sudah beredar semenjak 2018 lalu.

Mengutip dari IlmFeed sebagaimana dilaporkan turnbackhoax, menurut pernyataan warga lokal, pohon Natal itu berada di sebuah aula di Inggris Selatan bernama Selsdon Community Centre. Aula tersebut digunakan untuk berbagai kegiatan, termasuk salat Jumat dan tarawih berjemaah.

“This is Selsdon Community centre in South London, the hall is hired for Friday prayers and Alhamdulillah now we are able to do taraweeh during Ramadan as well. It is a multi cultural hall, we even invite local non Muslims to come and observe on Fridays to raise awareness and spread love,” ujar Imran Sheikh pada sebuah unggahan Facebook pada 25 November 2018.

"Dari berbagai fakta di atas, cuitan akun Twitter Sriana Devi (@devi_sriana) dikategorikan sebagai konteks yang salah," demikian turnbackhoax.

Artikel ini telah tayang dengan judul: Viral Pohon Natal Dipajang dalam Masjid di Arab Saudi Berdampingan dengan Orang Salat, Benarkah?, saatnya merevolusi pemberitaan!