Bumi Kini Berputar Lebih Cepat, Apakah Kiamat Sudah Dekat?
Bumi berputar semakin cepat dibandingkan 50 tahun lalu. (foto pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Para ilmuwan mengatakan mereka mungkin harus menghilangkan satu detik dari jam atom karena Bumi saat ini berputar lebih cepat daripada setengah abad yang lalu. Jika terus berputar semakin cepat.

Kecepatan planet kita berputar pada porosnya telah bervariasi sepanjang sejarah. Faktanya, Bumi berotasi 420 kali per tahun jutaan tahun yang lalu, tetapi sekarang melakukannya 365 kali.

Namun, terkadang kecepatan rotasi sedikit berbeda, yang memengaruhi pencatat waktu global - jam atom - yang membutuhkan detik kabisat untuk ditambahkan saat dunia berjalan sedikit lebih cepat.

Bumi Kini Berputar Lebih Cepat

Sekarang, ilmuwan Laboratorium Fisika Nasional Inggris, Peter Whibberley, telah memperingatkan bahwa jika tingkat rotasi meningkat lebih jauh, detik kabisat negatif mungkin diperlukan.

Setiap hari di Bumi mengandung 86.400 detik, tetapi rotasinya tidak seragam, yang berarti selama setahun, setiap hari memiliki sepersekian detik lebih atau kurang. Hal ini disebabkan oleh pergerakan inti Bumi, lautan dan atmosfernya, serta tarikan Bulan.

Jam atom sangat tepat, dan mengukur waktu dengan pergerakan elektron dalam atom yang telah didinginkan hingga nol mutlak.

Jadi, untuk menjaga jam atom sejalan dengan jumlah detik dalam rotasi Bumi, detik kabisat telah ditambahkan setiap 18 bulan atau lebih sejak tahun 1972.

Tidak pernah ada detik kabisat negatif - penghapusan satu detik dari jam atom - dan sistem yang dirancang untuk membuat pekerjaan itu belum pernah diuji.

Idenya muncul tahun lalu, ketika rotasi mulai dipercepat, tetapi sejak itu melambat lagi, dengan rata-rata hari pada tahun 2021 0,39 milidetik kurang dari tahun 2020.

"Seiring berjalannya waktu, ada perbedaan bertahap antara waktu jam atom dan waktu yang diukur dengan astronomi," kata Judah Levine dari Institut Nasional Standar dan Teknologi kepada Discover Magazine.

'Untuk menjaga agar perbedaan itu tidak menjadi terlalu besar, pada tahun 1972, keputusan dibuat untuk secara berkala menambahkan detik kabisat ke jam atom.'

Layanan Sistem Rotasi dan Referensi Bumi Internasional bertanggung jawab untuk melacak seberapa cepat Bumi berputar, dan melakukannya dengan mengirimkan sinar laser ke satelit dan menggunakannya untuk mengukur pergerakan mereka.

Ketika ini tidak sejalan dengan jam atom, para ilmuwan berkoordinasi untuk menghentikan jam mereka selama satu detik untuk mengembalikannya ke jalur semula.

“Tingkat rotasi Bumi adalah bisnis yang rumit. Ini ada hubungannya dengan pertukaran momentum sudut antara Bumi dan atmosfer dan efek laut dan efek bulan,” jelas Levine seperti dikutip Dailymail.

“Anda tidak dapat memprediksi apa yang akan terjadi sangat jauh di masa depan,” tambahnya

Belum ada detik kabisat yang ditambahkan ke jam atom sejak 2016, dan sementara Bumi kembali melaju kencang, ini mulai melambat lagi pada 2021. “Kurangnya kebutuhan akan detik kabisat ini tidak diperkirakan,” kata Levine.

Dia menambahkan bahwa diasumsikan Bumi akan terus melambat, 'jadi efek ini,' katanya 'sangat mengejutkan.'

Berapa lama kecepatan dan tren pelambatan berlanjut mungkin memerlukan para ilmuwan untuk mengambil tindakan lebih lanjut, tetapi belum jelas apa yang mungkin terjadi.

“Ada kekhawatiran saat ini bahwa jika tingkat rotasi bumi meningkat lebih jauh, kita mungkin perlu memiliki apa yang disebut detik kabisat negatif,” kata Whibberley kepada Discover Magazine.

“Dengan kata lain, alih-alih memasukkan satu detik ekstra untuk memungkinkan Bumi mengejar, kita harus mengambil satu detik dari skala waktu atom untuk membawanya kembali ke keadaan dengan Bumi.”

Sementara mereka tahu bagaimana mereka bisa membuatnya bekerja, para ilmuwan tidak jelas apakah sistem mereka akan bekerja dalam kenyataan, atau apa dampaknya.

Internet bergantung pada aliran waktu yang stabil, diukur melalui jam atom, dan perusahaan web yang berbeda menggunakan proses yang berbeda apakah detik kabisat.

Misalnya, Google menggunakan sistem yang membagi waktu ekstra sepanjang tahun, ke setiap detik dalam setahun. “Tulang punggung utama internet adalah waktu yang terus menerus,” jelas Levine.

Ia menambahkan bahwa saat tak ada waktu yang konsisten, umpan berita yang terus-menerus akan acak-acakan.

Levine mengatakan detik kabisat - ditambahkan atau dihapus - mungkin tak seimbang dengan kerumitannya, sebab secara sempurna mereka cuma akan bertambah sampai sekitar satu menit selama 100 tahun.

Artikel ini telah tayang dengan judul: Bumi Kini Berputar Lebih Cepat Apakah Tanda Segera Kiamat? Simak Jawabannya!, saatnya merevolusi pemberitaan!