Berita Gunung Kidul: Pemkab Upayakan Promotif Penegakan Protokol Kesehatan
Dinas Perhunungan Gunung Kidul melakukan pengecekan kelengkapan surat jalan bagi wisatawan yang massuk ke wilayah itu. (ANTARA)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Pencegahan dan pelayanan kesehatan yang bersifat promosi dalam penegakan protokol kesehatan saat masa Libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 yang diupayakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan (Yankes) Dinkes Gunung Kidul Dyah Mayun Hartanti di Gunung Kidul, Selasa, mengatakan pada libur Natal dan Tahun Baru mendatang, pemerintah tidak akan melakukan penyekatan terhadap pemudik dan wisatawan yang akan masuk Gunung Kidul.

Upayakan Promotif Penegakan Protokol Kesehatan

"Untuk itu, kami harap ada upaya preventif dan promotif lintas organisasi perangkat daerah (OPD) dan lintas sektoral dalam upaya pencegahan penyebaran COVID-19," katanya.

Ia mengatakan upaya preventif bisa dilakukan lewat edukasi tanpa henti pada masyarakat, termasuk pengunjung.

Namun langkah ini tetap memerlukan dukungan dari banyak pihak, mulai instansi terkait hingga pelaku wisata.

Ia mengatakan upaya promotif bisa dilakukan dengan imbauan-imbauan melalui media sosial dan media lainnya.

Dyah berharap, petugas di lapangan berani bertindak jika menemukan potensi pelanggaran prokes, antara lain kerumunan dan mereka yang tak menggunakan masker saat berada di lokasi.

"Harus segera ditangani, jangan ragu-ragu. Termasuk memberi imbauan rutin hingga langsung mendekati wisatawan," katanya yang dikutip VOI dari ANTARA.

Kepala Dinas Kesehatan Gunung Kidul Dewi Irawaty mengatakan selama libur Natal dan Tahun Baru ini, pihaknya menyiagakan seluruh fasilitas kesehatan, mulai dari puskesmas dan rumah sakit milik pemkab beserta tenaganya.

"Layanan umum tetap siaga selama 24 jam, sejumlah petugas juga akan ditempatkan di beberapa posko dari Polres Gunung Kidul," katanya.