Alibaba Cloud kembali Mendapat Pengakuan dari Gartner Solutioncard 2021
Logo Alibaba Group (REUTERS/ANDREW KELLY)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Untuk produknya Alibaba Cloud Internasional Iaas dan PaaS karena sistem cloud dengan komputasi, penyimpan, jaringan, dan keamanan optimal sepanjang 2021, Alibaba cloud mendapatkan pengakuan dari Gartner Solutioncard.

Gartner menilai Alibaba Cloud IaaS (infrastructure as a service) + PaaS (platform as a service) berhasil menduduki posisi ketiga tertinggi dengan nilai 81 persen pada penilaian menyeluruh atas solusi yang diberikan dibandingkan vendor internasional lainnya di pasar cloud.

Sebagai perusahaan riset global di bidang ICT, Gartner dengan rutin mengeluarkan Scorecard yang menjadi merupakan standar penilaian untuk mendapatkan pengakuan di kalangan industri.

Pengakuan dari Gartner Solutioncard 2021

Standar itu termasuk mengevaluasi beragam solusi terkini dari penyedia layanan terpilih dengan memenuhi serangkaian kriteria inklusi yang ditentukan untuk solusi cloud terintegrasi.

“Kami terus berupaya untuk mendapatkan pengakuan pada Gartner Solution Scorecard dalam kurun waktu dua tahun ini dengan semakin memperbanyak penawaran global dan pilihan infrastruktur. Menurut kami, berbagai upaya ini dapat tercermin pada nilai scorecard, yang memberikan nilai tambah serta keuntungan untuk bersaing dengan pesaing global kami lainnya,” ujar President of Alibaba Cloud Intelligence Jeff Zhang dalam keterangan tertulisnya, Rabu.

Penghargaan dari Gartner ini menandai tahun ketiga sejak mereka merilis laporan Solution Scorecard tentang Alibaba Cloud daam tiga tahun berturut-turut.

Alibaba Cloud percaya penilaian yang didapat di tahun ini menggambarkan jumlah penyebaran infrastruktur dan jaringan pemasaran mereka di luar Tiongkok yang semakin meningkat, dan menjadi nilai yang membedakannya dari produk global lain.

“Ke depannya, kami akan memperkuat fitur utama pada IaaS+PaaS dan mempercepat peluncuran fitur dan layanan terbaru di setiap wilayah, guna memberikan pengalaman cloud terbaik bagi setiap pelanggan di berbagai negara,” tambah Jeff seperti yang dikutip VOI dari ANTARA.

Alibaba Cloud saat ini telah tersedia di 80 zona yang tersebar di 25 wilayah dan melayani jutaan pelanggan yang tersebar di berbagai penjuru dunia.

Alibaba Cloud terus memperkuat kapabilitasnya dalam menyediakan layanan di bidang komputasi, penyimpanan, jaringan, dan keamanan.

Generasi ke-4 ApsaraCompute Shenlong Architecture telah diperkenalkan di bulan Oktober 2021, dengan menghadirkan kemampuan terbaiknya untuk elastistas kontainer (container elasticity), penyimpanan, performa pada input/output, latensi, dan fitur penguatan keamanan chip-level.

Solusi ini juga dilengkapi dengan Remote Direct Memory Access (RDMA) industri skala luas, yang mampu mengurangi latensi jaringan sampai titik rendahnya dalam 5 mikrodetik.

Terkait penyimpanan, sistem distribusi penyimpanan milik Alibaba Cloud Pangu menghadirkan skalabilitas yang hebat dan mampu mengotomasi sistem keseimbangan muatan (load balance) dengan ketersediaan data tingkat tinggi.

Alibaba Cloud juga telah membangun Luoshen, arsitektur jaringan cloud inovatif yang menyediakan beragam produk dan layanan dengan berbagai skenario untuk jaringan cloud demi mendukung kemudahan pengimplementasian sistem miliaran pelanggan mereka.

Memiliki lebih dari 80 pengakuan keamanan dan kepatuhan terakreditasi secara global, Alibaba Cloud juga menawarkan beragam pilihan produk keamanan termasuk perlindungan DdoS, aplikasi web firewall, keamanan sistem cloud, dan manajemen risiko bisnis untuk seluruh bisnis global.