Akibat Jaringan Cloud Bermasalah, New York Times sampai The Guardian Tumbang
Ilustrasi (Image Credit: Ilya Pavlov / Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Website populer yang tidak terhitung jumlahnya termasuk outlet informasi luar negeri tak bisa diakses selama satu jam penuh. Hal ini sebab Fastly, perusahaan jasa penyimpanan cloud (CDN) mengalami problem dalam situsnya.

Diduga, situs down pada pukul 5.30 ET atau Pukul 16.30 WIB selama lebih dari satu jam. Akhirnya banyak website - website yang tumbang mulai dari Reddit, Spotify, Twitch, GitHub, Hulu, HBO Max, Quora, PayPal dan outlet info CNN, The Guardian, The New York Times, BBC dan Financial Times

Melansir dari situs CNN Internasional, Rabu 9 Juni, pihak Fastly langsung menjalankan pembetulan jaringan. Lantaran banyak website - website yang memanfaatkan layanannya tidak dapat diakses.

Akibat Jaringan Cloud Bermasalah

Tumbangnya jaringan cloud, setidaknya berdampak di beberapa negara bagian Amerika Serikat (AS), Eropa, Asia dan Afrika Selatan. Terkait gangguan tersebut, Fastly melakukan perbaikan di seluruh servernya. 

Bahkan, situs resmi pemerintahan Inggris turut terpengaruh. Layanan yang sempat terhenti karenanya, termasuk pembaruan paspor, pembayaran pajak, atau penerbitan SIM.

Fastly sendiri merupakan sebuah platform cloud yang menyediakan layanan vital cloud computing bagi banyak situs web berprofil tinggi. Ada banyak konten yang tersimpan dalam server-server di berbagai penjuru dunia.

Perlu dicatat, Fastly merupakan bagian penting dari infrastruktur internet. Fastly bertindak sebagai server proxy dan menyimpan beberapa data yang diunggah pada sistem komputasi awan.  

Artikel ini telah tayang di VOI dengan judul: Gara-Gara Jaringan Cloud Bermasalah, New York Times sampai The Guardian Tumbang, saatnya merevolusi pemberitaan.