Berita Luar Negri: Amerika Serikat Desak China Gunakan Pengaruhnya Terhadap Rusia untuk Redakan Krisis Ukraina
Ilustrasi militer Rusia di perbatasan Ukraina. (Wikimedia Commons-Ilya Varlamov)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Untuk meredakan krisis Ukraina, tetapi para ahli kebijakan meragukan Beijing akan mendukung Washington dalam kebuntuan, Amerika Serikat pada Hari Kamis meminta China untuk menggunakan pengaruhnya terhadap Rusia untuk mendesak solusi diplomatik.

Menteri Luar Negeri China Wang Yi berbicara melalui telepon dengan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken, dengan Beijing mengatakan ingin semua pihak tetap tenang, menahan diri dari melakukan hal-hal yang memicu ketegangan dan meningkatkan krisis.

Menlu Blinken menekankan, ketegangan harus dikurangi dan memperingatkan risiko keamanan dan ekonomi dari setiap agresi Rusia terhadap Ukraina, kata Departemen Luar Negeri.

Amerika Serikat Desak China

Menanggapi hal tersebut, Wakil Menteri Luar Negeri AS untuk Urusan Politik Victoria Nuland mengatakan, pesan AS ke Beijing sangat jelas.

"Kami menyerukan Beijing untuk menggunakan pengaruhnya terhadap Moskow, guna mendesak diplomasi, karena jika ada konflik di Ukraina, itu juga tidak akan baik untuk China," terang Nuland pada konferensi pers reguler Departemen Luar Negeri, mengutip Reuters 28 Januari.

"Akan ada dampak signifikan pada ekonomi global. Akan ada dampak signifikan di bidang energi," tandasnya.

Sementara itu, Duta Besar China untuk PBB Zhang Jun mengatakan, "Gencatan Senjata Olimpiade" untuk Olimpiade Musim Dingin Beijing yang dimulai pada 4 Februari akan dimulai dari 28 Januari.

"Mari kita ambil kesempatan ini untuk mempromosikan perdamaian, solidaritas, kerja sama, dan nilai-nilai bersama lainnya yang dimiliki oleh seluruh umat manusia, untuk membuat dunia kita menjadi tempat yang lebih baik," cuit Zhang.

Rusia diketahui telah membangun pasukannya di perbatasan Ukraina selama berbulan-bulan, menuntut NATO menarik pasukan dan senjata dari Eropa timur dan melarang Ukraina, negara pecahan Uni Soviet, untuk bergabung dengan aliansi militer pimpinan AS.

Sekutu NATO menolak ini, tetapi mengatakan mereka siap untuk membahas pengendalian senjata dan langkah-langkah membangun kepercayaan.

Daniel Russel, diplomat senior AS untuk Asia di bawah mantan Presiden Barack Obama, mengatakan, meskipun China tidak senang dengan kemungkinan invasi ke Ukraina pada malam Olimpiade, "Wang Yi memilih untuk membela 'masalah keamanan sah' Rusia. daripada menawarkan dukungan apa pun kepada Blinken."

Adapun Bonnie Glaser dari Dana Marshall Jerman Amerika Serikat mengatakan Beijing dapat bertindak sebagai spoiler untuk setiap upaya oleh Amerika Serikat dan sekutunya untuk membebankan biaya pada Rusia.

"Sepertinya AS tidak mungkin bisa melibatkan China atas Ukraina. Beijing tidak akan mendukung penggunaan kekuatan, tetapi bersimpati dengan pandangan Rusia tentang NATO. Dan ini bukan hanya tentang Olimpiade," tandas Glaser.

Jika Amerika Serikat dan Uni Eropa memberlakukan sanksi terhadap Rusia, "China kemungkinan akan mengambil langkah-langkah untuk mengurangi dampaknya," tukasnya.

Untuk diketahui, Amerika Serikat telah mendesak Ukraina dan Rusia untuk kembali ke serangkaian pakta untuk mengakhiri perang separatis oleh penutur bahasa Rusia di Ukraina timur.

Tetapi, langkah-langkah yang ditetapkan dalam apa yang disebut perjanjian Minsk II tetap tidak dilaksanakan, dengan desakan Rusia mereka bukan pihak dalam konflik dan oleh karena itu tidak terikat oleh persyaratannya sebagai penghalang besar.

Sementara, Wang mengatakan perjanjian Minsk yang baru adalah "dokumen politik mendasar yang diakui oleh semua pihak dan harus dilaksanakan secara efektif." China akan mendukung upaya yang dilakukan sejalan dengan "arah dan semangat perjanjian," katanya.

Artikel ini telah tayang dengan judul: Amerika Serikat Desak China Gunakan Pengaruhnya Terhadap Rusia untuk Redakan Krisis Ukraina, saatnya merevolusi pemberitaan!