Borong dan Wiranesia Memberi Edukasi UMKM Indonesia Naik Kelas
Ilustrasi UMKM (Pexels)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Borong Indonesia telah resmi bekerjasama dengan Wiranesia Foundation, sebuah inkubator wirausaha digital mengedukasi para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk bisa naik kelas.

“Kami ingin membantu UMKM Indonesia Naik kelas melalui tiga langkah utama, yaitu edukasi, menjangkau pasar lebih luas dengan akses commerce mandiri yang akan difasilitasi melalui platform Borong, hingga Pendanaan. Dengan akses ini, maka UMKM tidak hanya mendapatkan kesempatan berkembang, tapi tumbuh secara berkelanjutan," kata pendiri Wiranesia Faransyah Agung Jaya dalam siaran pers, Senin.

Menurut pria yang akrab disapa Coach Faran itu, saat ini, Transformasi digital UMKM banyak sekali terhenti hanya dengan menjadi seller atau penjual di platform e-commerce.

Memberi Edukasi UMKM Indonesia Naik Kelas

Mereka sulit berkembang akibat ketergantungan atas program insentif dari pemilik e-commerce dan tidak memiliki akses ke database pengunjung atau pembeli di tokonya. Dengan tidak adanya kemampuan akses ke database pengunjung toko, maka akan membuat sebuah bisnis sulit untuk berkembang pesat, karena tidak memiliki Customer Lifetime Value (CLV) yang panjang.

Bersama-sama, Wiranesia dan Borong ingin membantu para UMKM naik kelas dengan memanfaatkan langkah pertama menjadi penjual di sebuah e-commerce populer, sebelum akhirnya dapat membangun dan memiliki sebuah home commerce yang dapat dikelola secara mandiri.

Sementara itu, Ronald Sipahutar, Country Manager Borong Indonesia percaya, memiliki home commerce merupakan lompatan yang harus dilakukan UMKM di era digital ini.

"Di mana UMKM tidak hanya punya kontrol penuh atas seluruh kegiatan commerce-nya, tetapi juga memiliki akses untuk melakukan program retensi via database pelanggan yang dimiliki. Tentunya, memiliki home commerce sendiri akan menjadi sebuah tanda kredibilitas sebuah usaha di era digital ini," kata Ronald seperti yang dikutip VOI dari ANTARA.

Melalui langkah ini, para UMKM binaan Wiranesia akan mendapatkan pelatihan mendalam untuk terbiasa dalam mengelola official store secara mandiri di dalam Wiranesia Community Commerce yang disediakan oleh Borong sebelum membangun home commerce mereka.

Tidak hanya itu, Borong Indonesia juga berkomitmen untuk terus membantu dalam bentuk ikut serta di roadshow edukasi Wiranesia, juga memberikan dukungan eksposur melalui jaringan bisnis yang dimiliki Borong, serta event Hari Borong Nasional.