Akademisi UGM: "Sharing Economy" Mendorong UMKM Naik Kelas
Dokumentasi. Menteri BUMN Erick Thohir (baju hitam) menyaksikan Presiden Joko Widodo menandatangani prasasti persmian pusat perbelanjaan Sarinah di Sarinah Jakarta, Kamis (14/7/2022,6:43 PM) , ANTARA

Bagikan:

YOGYAKARTA - Akademisi Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan Universitas Gadjah Mada Hempri Suyatna menilai terobosan sharing economy atau ekonomi berbagi yang menggabungkan ekonomi modern dan ekonomi tradisional di mal Sarinah mampu membuat pengusaha UMKM naik kelas.

"Selama ini banyak toko ritel modern berdiri, namun meninggalkan UMKM. Sharing economy ini bisa diterapkan untuk proses pembentukan UMKM yang lebih masif," ujarnya dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis.

Menurut dia, sinergi antara ekonomi modern dan ekonomi tradisional dapat bersatu di dalam Sarinah merupakan terobosan sangat cerdas yang dilakukan Menteri Erick seperti yang dikutip VOI dari ANTARA.

Mendorong UMKM Naik Kelas

Konsep sharing economy harus mewarnai kebijakan pengembangan UMKM secara nasional, sehingga ekonomi tradisional tidak tergusur dengan ekonomi modern.

Hempri berharap pemerintah dapat mengeluarkan kebijakan untuk membeli produk dari pengusaha UMKM lokal agar perekonomian nasional yang didukung UMKM bisa terus bergulir.

Tujuannya agar UMKM dapat menjadi tuan rumah di negerinya sendiri, maka pemerintah juga harus mendorong ekosistem pengembangan UMKM menjadi terintegrasi.

Hempri memandang bahwa pemberdayaan dan keberpihakan pemerintah saat ini kepada UMKM mengalami banyak perkembangan yang positif. Banyak terobosan kebijakan yang dikeluarkan pemerintahan Presiden Joko Widodo yang menunjukkan keberpihakan kepada UMKM.

UMKM yang mendapatkan kemudahan dalam mengurus Nomor Izin Berusaha (NIB) melalui Online Single Submission (OSS) berbasis risiko menjadi salah satu contoh.

Saatnya merevolusi pemberitaan di Jogja.Voi.id!