Berita Luar Negri: Elon Musk Akan Menampilkan Pembaruan Starship Pekan Depan
Awak sipil Inspiration 4 menaiki kapsul Crew Dragon dan roket SpaceX Falcon 9 yang diluncurkan dari Pad 39A di Kennedy Space Center, Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat, Rabu (15/9/2021). ANTARA

Bagikan:

YOGYAKARTA - CEO SpaceX Elon Musk mengumumkan rencananya menampilkan pembaruan pada roket besutan perusahaannya yaitu Starship pada pekan mendatang tepatnya 10 Februari jam 9 malam ET atau setara 11 Februari 09.00 WIB.

Penjelasan terbaru itu menjadi pembaruan yang disiapkan selama dua tahun setelah generasi Starship terakhir dikenalkan pada 2019.

Mengutip The Verge, Jumat, Starship dikembangkan di fasilitas SpaceX di kawasan Boca Chica, Texas selama beberapa waktu terakhir.

Akan Menampilkan Pembaruan Starship Pekan Depan

Pesawat luar angkasa itu dirancang untuk dapat dipakai ulang atau mengusung konsep keberlanjutan sehingga bisa membawa manusia dari titik terdekat di ruang angkasa seperti bulan hingga akhirnya bisa mencapai Mars.

Sejauh ini, SpaceX telah melakukan beberapa penerbangan uji ketinggian tinggi dengan kendaraan tersebut tetapi belum meluncurkan Starship ke orbit seperti yang dikutip VOI dari ANTARA.

Perusahaan saat ini sedang menunggu persetujuan dari Administrasi Penerbangan Federal untuk meluncurkan Starship ke orbit dari Boca Chica.

Elon Musk memang telah berambisi sejak 2016 tentang rencananya membangun roket raksasa untuk mengirim orang ke luar angkasa dan ke Mars suatu hari nanti.

Rencana tersebut tentu saja telah berkembang dari waktu ke waktu dengan fokus utamanya membangun roket dan upaya ini telah melalui berbagai perubahan desain dan iterasi juga.

Kendaraan itu juga memiliki beberapa nama yang berbeda, dari BFR ke Mars Colonial Transporter hingga akhirnya Starship.

Selama pembaruan terakhir Musk pada September 2019,Elon Musk memberikan presentasinya di Boca Chica berdiri di depan prototipe penuh Starship.

Tweet Musk menguatkan dan mengonfirmasi tentang presentasi baru akan model Starship pada pekan depan itu, meski demikian belum ada rincian lain yang diberikan tentang acara tersebut.

Selain Elon Musk, Starship juga ikut dipantau oleh NASA karena pada 2021, NASA memberi SpaceX kontrak 2,9 miliar dolar AS untuk mengembangkan Starship sebagai pendarat untuk membawa astronot NASA ke permukaan Bulan.