Menko Airlangga: NTB Siap Gelar MotoGP Pekan Ini, Persiapan Sudah Selesai
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto. (Foto Dok. Antara)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Pemerintah memastikan perhelatan ajang balap motor internasional, MotoGP siap digelar di Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) akhir pekan ini. Berbagai persiapan telah rampung, termasuk pengaspalan ulang sirkuit di sepanjang 1,6 kilometer.

Sekadar informasi, MotoGP bakal digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB pada tanggal 18 hingga 21 Maret 2022.

"MotoGP ini sudah siap, termasuk aspal ulang di T17-T5 sepanjang 1,6 kilometer," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dalam konferensi pers, Jakarta, Senin, 14 Maret.

Pengaspalan ulang dilakukan lantaran aspal Sirkuit Mandalika terkelupas saat dilakukan tes pra-musim pada Februari 2022 lalu.

Terkait dengan vaksinasi, kata Airlangga, NTB sebagai tuan rumah MotoGP juga sudah melebihi target pemerintah. Vaksin dosis pertama telah disuntikkan kepada 93,3 persen penduduk. Sedangkan, vaksin dosis kedua telah mencapai 75,1 persen. Sementara vaksin ketiga atau booster telah mencapai 4,5 persen.

Selain itu, Airlangga mengatakan bahwa pemerintah menerapkan PPKM level 1 di NTB. Sehingga, perhelatan balap motor dunia pertama di Indonesia bisa digelar pada 18 hingga 20 Maret bulan ini.

"Sehingga sudah siap MotoGP minggu depan," katanya.

Kualitas aspal sirkuit sesuai yang diminta FIM

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengecek langsung hasil pengaspalan ulang sirkuit Mandalika. Erick mengatakan bahwa pengaspalan sirkuit Mandalika melibatkan pakar pengaspalan dan pengujian lapisan lintasan balap yakni Campbell Waddell dan David Woodward,

"Alhamdulillah, perbaikan trek sirkuit ini bisa selesai dengan kualitas yang diminta Federasi Balap Motor Internasional (FIM)," katanya dikutip dari Instagram resminya @erickthohir, Minggu, 13 Maret.

Erick mangaku puas dengan hasil pengaspalan ulang sirkuit Mandalika. Ia pun mengatakan akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan terkait perhelatan MotoGP di Sirkuit Mandalika.

"Kami akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi para pembalap dan penonton yang hadir. Bismillah," ucapnya.

Sebelumnya, Erick juga mengatakan bahwa gelaran MotoGP, yang diselenggarakan di Mandalika, Lombok, NTB adalah kesempatan bagi Indonesia untuk memperkuat brand sebagai negara pariwisata di dunia.

"Ini kesempatan kita untuk menguatkan brand nasional di mata dunia sebagai negara pariwisata," ujar Erick.

Artikel ini telah tayang dengan judul: Persiapan Sudah Rampung, Menko Airlangga: NTB Siap Gelar MotoGP Pekan Ini

Saatnya merevolusi pemberitaan di Jogja.Voi.id!