Berita Yogyakarta: Pendorong Gerobak Malioboro Ingin Memastikan Pekerjaan Tenaga Kebersihan
Sejumlah pendorong gerobak Malioboro menggelar aksi di Balai Kota Yogyakarta untuk menanyakan kepastian pekerjaan sebagai tenaga kebersihan, Senin (28/3/2022). ANTARA

Bagikan:

YOGYAKARTA - Sejumlah pendukung gerobak pedagang kaki lima Malioboro mendatangi Balai Kota Yogyakarta untuk menanyakan kepastian pemberdayaan sebagai energi kebersihan untuk alih pekerjaan berakhir relokasi pedagang yang menyebabkan mereka kehilangan profesi.

"Kami mendengar akan ada pemberdayaan sebagai tenaga kebersihan. Makanya, kami datang ke Balai Kota Yogyakarta untuk menanyakan kejelasan dan kepastiannya," kata Ketua Paguyuban Pendorong Gerobak Malioboro Kuat Sunariono di Yogyakarta, Senin seperti yang dikutip VOI dari ANTARA.

Menurutnya, eks pendukung gerobak di Malioboro cukup bahagia dengan agenda pemberdayaan itu meski tak seluruh pendukung gerobak dapat berprofesi sebagai kekuatan kebersihan.

Ingin Memastikan Pekerjaan Tenaga Kebersihan

"Ada yang sudah berusia lanjut sehingga dimungkinkan tidak bisa bekerja sebagai tenaga kebersihan. Rencananya tenaga kebersihan ini akan bekerja dari Stasiun Tugu sampai Titik Nol Kilometer. Bekerja dalam sistem shift," katanya.

Ia berharap, rencana tersebut segera disusul dengan kepastian teknis pekerjaan dari Pemerintah Kota Yogyakarta termasuk status pekerja. "Harapannya bukan sebagai tenaga alih daya karena bisa saja kami hanya bekerja satu atau dua bulan saja terus diputus kontrak," katanya.

Mantan pendorong gerobak yang saat ini berjumlah 29 orang berharap dapat menjadi pekerja tetap sehingga memperoleh penghasilan rutin tiap bulan untuk menafkahi keluarga.

"Sejak PKL direlokasi pada 1 Februari, otomatis kami tidak memiliki pekerjaan apapun. Ada yang bekerja serabutan untuk mencari nafkah dan sudah banyak yang menjual aset yang mereka miliki untuk makan," katanya.

Sebelumnya, pendorong gerobak tersebut berharap mendapat lapak di tempat relokasi PKL sehingga bisa menjalani usaha sebagai pedagang.

"Tetapi, untuk mendapat lapak harapannya sangat tipis karena untuk PKL saja kabarnya masih kurang. Makanya, kami berharap pada pemberdayaan pekerjaan sebagai tenaga kebersihan," katanya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi mengatakan untuk detail dan teknis mengenai pemberdayaan pendorong gerobak sebagai tenaga kebersihan akan dibahas lebih lanjut di tingkat Asisten Sekda.

"Tentunya, bagaimana mereka mendapat jalan keluar usai relokasi PKL. Nanti dibahas dan diupayakan," katanya.

Ia menyebut, apabila nanti pendorong gerobak bekerja sebagai tenaga kebersihan tentu diharapkan bekerja dengan baik sehingga menjadi pertimbangan apakah bisa diteruskan atau dihentikan.

Saatnya merevolusi pemberitaan di Jogja.Voi.id!