Wapres Ma'ruf Amin Mengharapkan Pramuka Mampu Tanggap dan Inovatif Menghadapi Perubahan
Wapres Ma'ruf Amin/Foto: Antara

Bagikan:

YOGYAKARTA - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mendukung Gerakan Pramuka Indonesia aktif berkontribusi membangun sumber energi manusia (SDM) unggul, dengan memahami poin Pancasila dan kebangsaan.

"Saya berharap Gerakan Pramuka tanggap dan inovatif menghadapi perubahan serta aktif memberikan kontribusi dalam memajukan semua aspek kehidupan yang berdasarkan nilai-nilai Pancasila dan juga nilai keindonesiaan," kata Wapres saat menerima pimpinan Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka melalui konferensi video di Jakarta, Rabu 6 April.

Di masa pandemi COVID-19 dikala ini, lanjut Wapres, Gerakan Pramuka lewat semua anggotanya diinginkan menjadi pemrakarsa dalam membangkitkan optimisme masyarakat dan membangun kepedulian nasional.

Wapres mengatakan Gerakan Pramuka, sebagai wadah penyusunan kader pemimpin bangsa yang mengajari dan menanamkan rasa cinta terhadap alam, mengontrol peran penting bagi kelestarian alam.

Wapres Ma'ruf Amin Mengharapkan Pramuka

"Teruslah menanamkan dan juga menerapkan kecintaan kepada alam karena menjaga kelestarian alam tidak saja penting bagi generasi saat ini, tapi lebih bagi generasi mendatang," jelasnya dikutip Antara.

Wapres juga mengapresiasi rencana kegiatan Jambore Nasional XI, yang akan digelar Kwarnas Gerakan Pramuka pada Agustus mendatang, sebagai kegiatan edukatif di alam terbuka. Dia mendukung seluruh rangkaian kegiatan dan berharap Jambore itu menghasilkan program dan kegiatan positif dan berkelanjutan.

Sementara itu, Ketua Kwarnas Budi Waseso, dalam audiensi virtual dengan Wapres itu, melaporkan rencana penyelenggaraan Jambore Nasional XI.

Dia juga meminta dukungan Wapres berkaitan dengan penyiapan sarana dan prasarana, serta kebutuhan anggaran yang belum dialokasikan dalam anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN).

"Besar harapan kami melalui Bapak Wakil Presiden untuk realisasi perbaikan sarana dan prasarana yang ada di Bumi Perkemahan Cibubur. Kebutuhan kami memang belum terprogramkan atau teranggarkan di APBN," kata mantan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) itu.

Artikel ini telah tayang dengan judul: Wapres Ma'ruf Amin Harap Pramuka Tanggap dan Inovatif Hadapi Perubahan

Saatnya merevolusi pemberitaan di Jogja.Voi.id!