Wapres Ma'ruf Amin Inginkan Kesadaran dan Kewaspadaan Hadapi Bencana Ditingkatkan
Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin saat memberikan sambutan secara virtual pada acara Hari Kesiapsiagaan Bencana, di Jakarta (Via ANTARA)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Wakil Presiden Ma'ruf Amin minta semua keluarga di Indonesia meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan dalam menghadapi musibah yang mungkin terjadi di semua penjuru Tanah Air.

“Penyelenggaraan HKB tahun ini aku harap kian mendukung kesadaran dan kewaspadaan keluarga Indonesia dalam menghadapi dan bertahan di tengah rupa-rupa musibah, sehingga kemudian sanggup langsung bangkit dan memulihkan kehidupannya pascabencana,” katanya dikala menghadiri secara virtual acara Hari Kesiapsiagaan Musibah (HKB) tahun 2022, di Jakarta, Antara, Selasa, 26 April.

Wapres menyampaikan tema HKB tahun ini “Siap untuk Selamat”, sesuai dengan situasi yang sedang dihadapi bangsa Indonesia saat ini. Ia menekankan pentingnya penguatan eksistensi keluarga sebagai pilar pembangunan bangsa, utamanya dalam mewujudkan keluarga tangguh bencana, untuk menjadikan Indonesia siap siaga bencana.

Wapres Ma'ruf Amin Inginkan Kesadaran dan Kewaspadaan

Wapres menilai upaya siap siaga terhadap kemungkinan bencana yang akan terjadi, harus menjangkau seluruh masyarakat yang beragam dan ditanamkan sedari dini.

Ia juga mengajak masyarakat meningkatkan budaya sadar bencana menuju Indonesia tangguh bencana.

“Untuk itu, saya mengajak seluruh komponen bangsa Indonesia untuk ikut serta, dan berpartisipasi aktif pada Hari Kesiapsiagaan Bencana Tahun 2022,” katanya.

Terakhir, Wapres mengimbau masyarakat membunyikan tanda secara serentak di seluruh Indonesia, baik sirine, kentungan, maupun lonceng, pada 26 April 2022 pukul 10 pagi waktu setempat, sebagai tanda dimulainya latihan simulasi evakuasi mandiri, dan segera menuju tempat aman terdekat.

“Bersama-sama kita sukseskan HKB 2022. Siap untuk selamat. Salam Tangguh dan Salam Kemanusiaan,” kata Ma'ruf Amin.

Pada kesempatan itu, Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto menyampaikan upaya penanggulangan bencana dari mulai tahap pencegahan, tahap tanggap darurat, hingga pascabencana, membutuhkan partisipasi dan dukungan dari berbagai pihak.

Partisipasi dibutuhkan tidak hanya dari pemerintah, tetapi juga diperlukan kolaborasi dari berbagai lini, yaitu pemerintah pusat, pemerintah daerah, lembaga usaha, akademisi dan masyarakat atau komunitas.

Kekuatan tersebut menjadi energi besar, untuk membangun peradaban bangsa, berbasis pengurangan resiko bencana, demikian Suharyanto.

Saatnya merevolusi pemberitaan di Jogja.Voi.id!