Yogyakarta Menghentikan Sementara Layanan Drive Thru Cetak KTP di Bulan Ramadan
Dokumentasi - Layanan drive thru cetak KTP bertempat di Kantor Kecamatan Kotagede Yogyakarta/Foto: Antara

Bagikan:

YOGYAKARTA - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Yogyakarta menghentikan sementara layanan drive thru cetak KTP elektronik selama Ramadhon dan akan membuka kembali layanan itu berakhir Lebaran.

"Selama bulan puasa dihentikan sementara. Tapi masyarakat masih dapat mengakses layanan lewat Mal Pelayanan Publik (MPP)," kata Kepala Bidang Pelayanan Kependudukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Yogyakarta Bram Prasetyo di Yogyakarta, Kamis 7 April.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Yogyakarta membuka layanan drive thru pencetakan KTP di kecamatan untuk mempermudah masyarakat mengakses layanan dokumen kependudukan.

Menghentikan Sementara Layanan Drive Thru Cetak KTP

Layanan dilakukan secara bergantian di berbagai kantor kecamatan dengan periode waktu tertentu. Layanan hanya dikhususkan untuk mencetak kembali KTP yang hilang atau rusak dan tidak ada layanan untuk perekaman data kependudukan.

Usai Lebaran, layanan drive thru cetak KTP akan dibuka di kantor Kecamatan Wirobrajan dengan durasi layanan selama sekitar dua bulan dan akan bergeser ke kecamatan lain.

Layanan pencetakan tetap akan dibuka dua kali dalam sepekan yaitu pada Selasa dan Kamis.

Sedangkan layanan perekaman dan pencetakan KTP di MPP juga mengalami penyesuaian selama bulan puasa. Pada Senin-Kamis, layanan di rekam dan cetak KTP dibuka pukul 08.00-11.00 WIB dan pada Jumat dibuka hingga pukul 10.00 WIB.

Selain melalui MPP, layanan pencetakan KTP juga bisa diakses melalui mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) yang saat ini tersebar di tiga lokasi yaitu di MPP, kantor Kecamatan Mergangsan, dan kantor Kecamatan Jetis.

“Masyarakat dapat mencetak sendiri dokumen kependudukan yang dibutuhkan. Termasuk KTP, KIA, akta kelahiran, akta kematian. Cukup masukan pin yang sudah diperoleh untuk mengakses layanan tersebut,” katanya dikutip Antara.

Ia berharap, meskipun layanan drive thru dihentikan sementara namun masyarakat tetap dapat memperoleh dokumen kependudukan yang dibutuhkan dengan cara lain yang juga mudah dan cepat.

Artikel ini telah tayang dengan judul: Yogyakarta Hentikan Sementara Layanan Drive Thru Cetak KTP Selama Ramadan

Saatnya merevolusi pemberitaan di Jogja.Voi.id!