Berita Sleman: Kecamatan Kalasan Raih Penyaji Terbaik Festival Jathilan Sleman
Kecamatan Kalasan raih penyaji terbaik Festival Jathilan Sleman 2022. Foto ANTARA

Bagikan:

YOGYAKARTA - Kontingen Kecamatan Kalasan berhasil meraih Penyaji Terbaik Pertama dalam Festival Jathilan Tingkat Kabupaten Sleman Tahun 2022 yang diadakan di Gedung Kesenian selama dua hari, 21-22 Mei 2022.

"Kontingen Kalasan berhasil meraih penyaji terbaik setelah mengantongi nilai tertinggi dari para juri," kata Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman Edy Winarya di Sleman, Senin.

Menurut dia, ketiga dewan juri yang terdiri atas Gandung Jatmiko, Sancoko, dan Erlina Panca memberikan nilai 781 pada kontingen Kecamatan Kalasan, mengungguli 16 kontingen kecamatan lainnya.

Raih Penyaji Terbaik Festival Jathilan Sleman

"Penyaji terbaik kedua diraih kontingen Kecamatan Godean dengan nilai 769, penyaji terbaik ketiga kontingen Kecamatan Moyudan dengan nilai 733," katanya seperti yang dikutip VOI dari ANTARA.

Kemudian juara harapan satu diraih kontingen Kecamatan Seyegan dengan nilai 728, juara harapan dua kontingen Kapanewon Pakem dengan nilai 716, dan juara harapan ketiga Kecamatan Berbah dengan nilai 714.

"Selain sebagai ajang memunculkan generasi penerus seniman seniwati jathilan, festival semacam ini juga menjadi ajang hiburan bagi masyarakat," katanya.

Ia mengatakan, antusiasme dan respons perwakilan kecamatan se-Kabupaten Sleman selama kegiatan festival tersebut berlangsung juga sangat tinggi.

"Hal tersebut terpantau dari banyaknya penonton online di kanal Youtube Kundha Kabudayan (Dinas Kebudayaan) yang menyaksikan acara tersebut," katanya.

Edy mengatakan, kegiatan yang didanai melalui dana keistimewaan DIY ini tetap menerapkan protokol kesehatan selama kegiatan berlangsung.

Sebelumnya, Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa yang hadir dan membuka festival tersebut menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya "event" budaya tingkat kabupaten yang cukup besar dengan melibatkan seluruh kapanewon yang ada di Kabupaten Sleman.

Saatnya merevolusi pemberitaan di Jogja.Voi.id!

Terkait