Berita Bantul: Kunjungan Wisata ke Bantul Turun 16,5 Persen
Pantai Parangtritis, salah satu objek wisata di Kabupaten Bantul, DIY (ANTARA

Bagikan:

YOGYAKARTA - Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mencatat jumlah kunjungan wisata ke destinasi daerah itu menurun sebanyak 16,5 persen selama libur akhir pekan kemarin dibanding akhir pekan sebelumnya.

"Saya kira penurunan kunjungan wisata ini karena minggu ini musim ujian kenaikan kelas," kata Kepala Seksi Promosi dan Informasi Dinas Pariwisata Bantul, Markus Purnomo Aji ketika dikonfirmasi di Bantul, Senin.

Dia menyebutkan, kunjungan wisata pada libur akhir pekan dari 3 sampai 5 Juni sebanyak 29.649 orang dengan pendapatan retribusi sebesar Rp287,8 juta, turun 16,5 persen dibanding akhir pekan lalu dari 27 sampai 29 Mei sebanyak 35.515 orang seperti yang dikutip VOI dari ANTARA.

Turun 16,5 Persen

Dia mencatat jumlah pendapatan retribusi dari semua objek wisata yang dikelola pemerintah daerah pada libur akhir pekan lalu tersebut sebesar Rp345 juta.

Objek wisata di Bantul yang dikelola pemerintah tersebut adalah sepanjang pantai selatan mulai Pantai Parangtritis, Pantai Samas, Pantai Kuwaru, Pantai Goa Cemara, Pantai Baru, dan objek wisata Gua Selarong dan Gua Cerme.

Dia mengatakan, berdasarkan data kunjungan yang melakukan reservasi di visitingjogja, pengunjung objek wisata Pantai Parangtritis pada hari Minggu 5 Juni terbanyak berasal dari enam provinsi.

"Dari Jawa Tengah mencapai 51 persen, kemudian Jawa Timur 19 persen, Jawa Barat 16,5 persen, DKI Jakarta 8,9 persen, DIY 3,2 persen, dan dari Banten 0,8 persen," katanya.

Sementara itu, dia mengatakan, secara akumulasi, total data kunjungan wisatawan mingguan ke semua destinasi Bantul dari 30 Mei sampai 5 Juni 2022 sebanyak 54.823 wisatawan dengan pendapatan daerah sebesar Rp532,3 juta.

"Turun sebesar 12,7 persen dibanding kunjungan wisata seminggu yang lalu," katanya.

Dia juga menyebutkan, dalam sepekan terakhir juga ada hari libur yaitu 1 Juni yang bertepatan dengan hari lahir Pancasila, dengan total wisatawan sebanyak 13.776 orang dengan pendapatan sebesar Rp133,6 juta.

Dia mengatakan, sementara untuk tingkat kunjungan wisata ke Bantul selama bulan Mei sebanyak 465.737 orang, dengan pendapatan mencapai sebesar Rp4,5 miliar.

Saatnya merevolusi pemberitaan di Jogja.Voi.id!