Berita Bantul: BPBD Bantul Mengingatkan Masyarakat Tidak Buang Sampah di Sungai Cegah Banjir
Sarana tempat sampah yang disediakan Pemerintah Kabupaten Bantul, DIY (ANTARA)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengingatkan masyarakat agar tidak membuang sampah di sungai karena bisa mengakibatkan banjir bila turun hujan.

"Jangan membuang sampah tidak pada tempatnya, karena itu akan menyumbat saluran yang ada di lingkungan, apalagi membuang sampah di sungai itu sangat tidak boleh," kata Kepala Pelaksana BPBD Bantul Agus Yuli Herwanto di Bantul, Senin.

Menurut dia, membuang sampah di sungai sangat tidak diperkenankan, karena sungai-sungai di Bantul adalah hilir, yang menampung berbagai macam barang sisa buangan dari produk yang tidak terpakai dari wilayah Kota Yogyakarta maupun Sleman yang ada di utara seperti yang dikutip VOI dari ANTARA.

Tidak Buang Sampah di Sungai Cegah Banjir

"Sehingga kita tidak membuang sampah di sungai saja sudah rawan untuk banjir, apalagi kalau kita ikut buang sampah di sungai, oleh karena itu, saya imbau jangan sekali-kali membuang sampah di sungai," katanya.

Dia mengatakan, apalagi saat ini meski musim kemarau masih sering turun hujan atau kemarau basah, yang terkadang ada hujan cukup deras dan kemudian cuaca panas.

"Sesuai dengan prediksi BMKG beberapa bulan lalu, musim hujan itu berlangsung sampai pertengahan Mei, jadi harusnya Juni kemarau, tapi sehubungan dengan perkembangan informasi BMKG, maka bulan Juni ini pun masih banyak hujan," katanya.

Selain rawan banjir luapan sungai, kata dia, potensi hujan yang disertai angin kencang pada musim ini dapat mengakibatkan sejumlah pohon mengalami tumbang, seperti kejadian beberapa waktu lalu di wilayah Kecamatan Bambanglipuro.

"Saya juga mengimbau kepada warga masyarakat sehubungan ketika bencana hidrometeorologi ini agar supaya mendeteksi lingkungan masing-masing adakah pohon yang tinggi, pohon rimbun maupun sudah tua," katanya.

Menurut dia, masyarakat bisa melakukan pemangkasan dahan atau ranting pohon yang rindang yang ada di lingkungan tempat tinggal, atau menghindari daerah tersebut ketika terjadi hujan deras disertai angin kencang.

Saatnya merevolusi pemberitaan di Jogja.Voi.id!