Exabytes Menawarkan Keuntungan Memakai Google Workspace Bagi UMKM
Google Workspace. (ANTARA)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Exabytes Group kini menyediakan Google Workspace yang menawarkan sejumlah solusi untuk membantu UMKM mengadopsi serta memanfaatkan teknologi digital dan cloud secara efektif.

Pendiri dan CEO Exabytes Group Chan Kee Siak mengatakan kemitraan Exabytes Group dengan Google Cloud akan menggabungkan kekuatan Google Workspace, sebagai platform bagi orang-orang untuk terhubung, berkreasi dan berkolaborasi di mana saja.

Menurut Chan, digitalisasi sangat penting bagi bisnis yang ingin tetap kompetitif. Ia menyebutkan bahwa Asia Tenggara memiliki laju transformasi digital tercepat di kawasan Asia Pasifik seperti yang dikutip VOI dari ANTARA.

Memakai Google Workspace Bagi UMKM

Data pelanggan Exabytes Indonesia menunjukkan dari 47 persen total pelanggan yang merupakan pemilik bisnis atau UMKM, 38 persen di antaranya sudah mentransformasi bisnis mereka dari luring (offline) ke daring (online).

“Kami harap layanan menyeluruh yang ditawarkan Google Workspace ini dapat membuka peluang baru untuk mendigitalkan bisnis para pelaku UMKM di Indonesia, Malaysia dan Singapura sehingga meningkatkan percepatan tumbuh kembang ekonomi digital,” kata Chan melalui siaran pers yang diterima di Jakarta, Rabu. 

Berikut tujuh keuntungan yang bisa didapatkan UMKM apabila mengadopsi Google Workspace untuk menjalankan bisnisnya.

Aplikasi Google Workspace tersedia di mana saja

Semua aplikasi Google Workspace berbasis web, yang berarti tersedia di perangkat apa pun dengan browser web. File yang dikerjakan juga tersedia dalam jenis file populer yang dapat diformat dan dibagikan kepada orang lain yang tidak menggunakan Google Workspace.

Kebutuhan email akan terpenuhi

Akun Google Workspace memberikan pebisnis semua fitur terbaik Gmail. Label dengan mudah menjadi salah satu fitur Gmail paling berguna untuk bisnis.

Gmail dapat menandai beberapa label untuk setiap pesan tanpa harus membuat folder baru. Hal ini memberikan banyak fleksibilitas dalam mengatur komunikasi dengan kolega bisnis untuk kelancaran usaha.

Proses kolaborasi menjadi mudah

Google Docs, Google Sheets, dan Google Slides merupakan aplikasi yang menawarkan banyak fungsi penting untuk menjalankan bisnis. Selain itu, ada pula Google Meet dan Google Chat yang menawarkan konferensi video dan pengiriman pesan sederhana. Semua aplikasi saling terkait sehingga dapat selalu terhubung dan berkolaborasi dalam konteks.

Simpan dan berbagi file dengan keamanan kelas bisnis

Google Workspace menyediakan fitur Google Drive sebagai pilihan penyimpanan fleksibel dan ruang yang cukup untuk menyimpan semua file yang akan dengan mudah dikelola dan terjaga keamanannya.

Perencanaan bisnis lebih terorganisir

Fitur Google Calendar memberikan waktu lebih banyak bagi pebisnis untuk menjalankan perencanaan dengan kalender bersama yang terintergrasi dengan lancar dengan Gmail, Google Meet, Google Drive dan fitur lainnya. Jadwal rapat dengan rekan bisnis atau brainstorming dengan tim menjadi lebih cepat diatur dalam satu tampilan dan dibagikan.

Dukungan teknis 24/7

Melalui kerja sama antara Exabytes Group dengan Google Cloud, maka tim teknologi lokal Exabytes selalu hadir 24/7 bagi para pengusaha atau pelaku bisnis yang memiliki kendala saat pengoperasian Google Workspace atau ingin memaksimalkan fitur-fitur bagi kelancaran bisnis.

Tersedianya paket ekonomis

Penting bagi para UMKM untuk memangkas biaya operasional atau memaksimalkan alat yang ada. Exabytes Indonesia sendiri menyediakan tiga paket Google Workspace mulai dari Rp59.000/akun/bulan sudah termasuk gratis domain, 50 GB penyimpanan cadangan dengan aman, email bisnis kustom, 100 partisipan video meeting, keamanan kelas bisnis dan manajemen kontrol.

Saatnya merevolusi pemberitaan di Jogja.Voi.id!