Berita Ekonomi: Bukalapak Berhasil Gaet 8 Juta Mitra UMKM hingga Kuartal I 2021
Achmad Zaky dan Rachmat Kaimuddin. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Bukalapak melaporkan sampai bulan April 2021 atau kuartal I sukses menggaet sebanyak 8 juta mitra usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Adapun jumlah ini diperkirakan akan terus meningkat seiring dengan ekspansi yang terus dijalankan perusahaan.

Chief Executive Officer (CEO) Bukalapak Muhammad Rachmat Kaimuddin mengatakan, apabila dibandingi dengan saingan sejenis perusahaan yang dipimpinnya sukses merajai 40 persen pasar dari segmen toko UMKM.

Lebih lanjut, Rachmat mengatakan untuk mendapatkan pencapaian itu, benar-benar susah dan seharusnya menghadapi beragam tantangan dalam perjalanannya.

Bukalapak Berhasil Gaet 8 Juta Mitra UMKM

"Di ekosistem yang kami kembangkan mitra dan lapak UMKM saat ini jaringan mitra lapak di Indonesia per bulan April 2021 tercatat 8 juta mitra yang telah bergabung bersama kami," katanya dalam acara public expose secara virtual, Jumat, 9 Juli.

Menurut Rachmat, berbagai keuntungan akan didapatkan para mitra UMKM yang bergabung dengan Bukalapak, di antaranya akses pasar yang lebih luas, mendapatkan pasokan barang dengan harga terbaik dan kemudahan dalam mengakses modal dari perbankan atau lembaga keuangan lain.

"Dari survei yang kami buat warung-warung mitra kami mendapatkan peningkatan pendapatan tiga kali lipat dan akan terus bertumbuh di tahun-tahun berikutnya," jelasnya.

Sebagai perusahaan digital, kata Rachmat, Bukalapak akan terus mendorong pertumbuhan bisnis baik untuk internal perusahaan maupun seluruh mitra yang bergabung. Kemudian, adanya keterbatasan dana akan dimanfaatkan seoptimal mungkin agar mampu mendatangkan keuntungan.

"Bukalapak dimulai dari tempat sederhana dan hanya modal Rp80.000, kami dari awal menyadari bahwa dana adalah sumber daya yang terbatas dan harus digunakan secara baik dan optimal," jelasnya.

Artikel ini sudah tayang dengan judul: Bukalapak Berhasil Gaet 8 Juta Mitra UMKM hingga Kuartal I 2021, saatnya merevolusi pemberitaan!