Berita Gunung Kidul: BNNP DIY Menggandeng PKK Mencegah Penyalahgunaan Narkoba di Gunung Kidul
Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Daerah Istimewa Yogyakarta menjalin kerja sama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Gunung Kidul untuk mencegah penyalahgunaan narkoba di lingkungan keluarga (ANTARA

Bagikan:

YOGYAKARTA - Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Daerah Istimewa Yogyakarta menggandeng Tim Penggerak PKK Kabupaten Gunung Kidul untuk mencegah penyalahgunaan narkoba di lingkungan keluarga.

"Kerja sama ini untuk memperkuat fungsi keluarga dalam upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba," kata Kepala BNNP DIY Brigjen Pol. Andi Fairan melalui keterangan tertulis di Yogyakarta, Kamis.

Perjanjian kerja sama kedua lembaga itu ditandatangani Kepala BNNP DIY Brigjen Pol. Andi Fairan bersama Ketua TP PKK Gunung Kidul Diah Purwanti Sunaryanta di Gunung Kidul, Rabu (27/7) seperti yang dikutip VOI dari ANTARA.

Penyalahgunaan Narkoba di Gunung Kidul

Andi menuturkan bahwa kerja sama itu merupakan tindak lanjut dari Perjanjian Kerja Sama antara BNNP DIY dengan TP PKK DIY Nomor PKS/1375/IV/KA/HK/2022/BNNP pada 26 April 2022.

Selain menyebarluaskan informasi tentang pencegahan dan peredaran gelap narkoba, ia berharap BNNP DIY bersama PKK Gunung Kidul mampu memperkuat ketahanan lembaga keluarga antinarkoba.

"Dengan ketahanan keluarga diharapkan menjadikan keluarga semakin sejahtera dan melahirkan generasi muda yang cerdas dan sehat," ujar dia.

Menurut dia, diperlukan kerja sama seluruh pihak untuk menurunkan prevalensi penggunaan narkoba di DIY.

Prevalensi penggunaan narkoba di DIY mengacu penelitian yang dilakukan BNN secara periodik pada tahun 2019 mencapai 2,30 persen atau sebanyak 18.082 orang dari jumlah penduduk sehingga menempatkan DIY pada urutan kelima secara nasional.

Ketua TP PKK Gunung Kidul Diah Purwanti Sunaryanta mengatakan lembaganya siap mendukung dan membantu berbagai upaya BNNP DIY untuk mewujudkan generasi muda antinarkoba di Gunung Kidul.

"Kami siap mendukung BNNP DIY untuk menjadikan generasi Kabupaten Gunung Kidul yang bebas dari narkoba," kata Diah Purwanti.

Dalam kesempatan itu, Bupati Gunung Kidul Sunaryanta menegaskan bahwa diperlukan upaya sinergi bersama masyarakat untuk membentengi Gunung Kidul dari penggunaan narkoba.

"Masyarakat Gunung Kidul harus bersama-sama melawan narkoba, 'war on drugs' karena kasus narkoba semakin hari semakin meningkat," tutur Sunaryanta.

Saatnya merevolusi pemberitaan di Jogja.Voi.id!