Spesifikasi Maung Pindad Versi Sipil Terbaru Lengkap dengan Harga dan Cara Pemesanan
Mobil Maung buatan PT Pindad (Instagram @prabowo)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Maung Pindad versi sipil cukup menarik perhatian masyarakat. Meski diproduksi oleh perusahaan negara yang memproduksi alat-alat militer, namun masyarakat sipil bisa mencoba merasakan sensasi menunggangi mobil buatan PT Pindad tersebut.

Wacana peluncuran Maung Pindad versi sipil memang telah muncul sejak tahun 2021. Peluncuran tersebut disambut baik oleh pecinta otomotif. Lalu, bagaimana spesifikasi, harga, dan cara pemesanannya?

Spesifikasi Maung Pindad Versi Sipil

Dikutip dari berbagai sumber, secara spesifikasi, Maung Pindad tentu memiliki perbedaan dengan versi taktis kebutuhan militer.

Prototype Maung Pindad Sipil sendiri dipamerkan pada bulan Agustus 2021 dan diresmikan secara langsung oleh Direktur Utama PT Pindad, Abraham Mose.

Mobil yang diberi nama MV2 4x4 ini memiliki warna biru dengan tampilan desain interior dan eksterior lebih modern. Baris belakang disebut lebih luas namun memiliki kapasitas penumpang 4 orang termasuk supir.

Kendaraan ini dilengkapi dengan atap hardtop dan kanopi belakang portabel sehingga bisa dibongkar pasang. Selain itu mobil dilengkapi dengan foot step samping.

MV2 memiliki penggerak empat roda (4WD) atau 4x4 dengan ukuran ban 35 x 12.50 R17. Mobil ini juga mengusung mesin diesel dengan daya kurang lebih 149 HP @3.200 RPM dan memiliki torsi maksimum sebesar 400 Nm @1.600-2.600 RPM.

Dikutip dari Kompas, Maung menggunakan basis mesin Toyota Hilux dengan kapasitas silinder 2.494 cc turbo diesel 16 Valve DOHC.

Mobil ini bisa digeber dengan kecepatan maksimum 120 km/jam dengan jarak tempuh mencapai 600 Km dalam kondisi full tank bahan bakar yang berkapasitas 80 liter.

Pindad sipil ini memang diciptakan untuk medan-medan berat sehingga memiliki daya tanjak mencapai 60%, dengan kemiringan 30%, dan mengarung (fording) 0,75 m.

MV2 hanya tersedia dalam mode manual dengan jumlah percepatan 6 maju dan 1 mundur. Mobil ini dilengkapi dengan suspensi independent double wishbone untuk bagian depan. Sedangkan untuk bagian belakang memiliki four link with coilover shock.

Panjang body MV2 adalah 5.220 mm, dengan lebar 2.010 mm, dan tinggi 1.860 mm. Sedangkan jarak sumbu roda 3.220 mm dan ground clearance 260 mm. Berat Maung Pindad Sipil mencapai 2.630 Kg namun beban berat yang bisa ditopang maksimal 3.200 Kg.

Harga Maung Pindad Sipil

Meski pemasarannya tak masif, beberapa orang telah membeli produk keluaran Pindad. Bahkan tercatat ada dua pejabat yang membeli mobil ini yakni Bupati Jember, Hendy Siswanto dan Bupati Gunungkidul, Yogyakarta Sunaryanta.

Bagi masyarakat lain yang ingin memesan mobil ini harus merogoh kocek sebesar Rp600 hingga Rp700 juta.

“Sekitar Rp 600 juta sampai Rp 700 jutaan. Nanti itu juga tergantung dari custom yang diinginkan konsumen,” kata Direktur Utama PT Pindad, Abraham Mose, dikutip dari Kompas.

Cara Memesan Maung Pindad

Pindad membuka jalur pemesanan untuk setiap produknya melalui situs resminya. Calon pemesan harus mengirimkan permohonan informasi lewat email dengan melampirkan formulir permohonan yang telah diisi. Formulir bisa didapat di situs resmi Pindad.

Setelah proses permohonan dikirim, tim penjualan PT Pindad (Persero) melakukan proses terhadap permohonan dengan waktu maksimal 3 hari kerja. Calon pembeli kemudian akan mendapat informasi terkait senjata tersebut. Calon pembeli bisa melakukan proses negosiasi melalui email atau media komunikasi lain setelah menerima informasi terkait produk.

Itulah informasi terkait Maung Pindad Versi Sipil. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.