Macan Dahan Masuk ke Kamar Mandi Warga di Sumbar, Sempat Dikira Harimau Sumatera
Macan dahan (neofelis diardi) (Foto: ANTARA)

Bagikan:

YOGYAKARTA -  Regu Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumbar mengevakuasi satwa langka dan dilindungi tipe macan dahan (neofelis diardi) dari rumah warga, Rimbo Batu Jorong Koto Padang, Nagari Anam Koto Utara, Kecamatan Kinali Pasaman Barat.

"Benar kita melakukan evakuasi macan itu dari rumah warga bernama Unan (34) warga Rimbo Batu Jorong Koto Padang, Kinali pada Rabu, 28 April kemarin," kata Pengendali Ekosistem Hutan BKSDA Sumbar, Ade Putra di Simpang Empat, Kamis, 29 April. 

Awal masuk ke rumah, dalam laporan yang ditulis Antara, Unan dan keluarga menyangka satwa adalah harimau Sumatera. Setelah itu, warga melaporkan kepada petugas Puskeswan Kinali yang selanjutnya diteruskan kepada BKSDA Resor Agam.

BKSDA langsung evakuasi macan dahan setelah dapat laporan

Mendapat laporan itu, tim BKSDA langsung mendatangi lokasi dan melaksanakan evakuasi satwa dari dalam kamar mandi.

"Butuh waktu tiga jam tim BKSDA bersama Babinsa, Bhabinkamtibmas, Polsek Kinali dan warga baru dapat menggiring satwa dilindungi itu ke kandang yang sudah disiapkan," ujarnya.

Ia menyebutkan satwa itu diduga masuk ke rumah warga setelah berkelahi dengan jenisnya. Kemudian terjebak di dalam kamar mandi.

Hasil identifikasi lapangan satwa itu diduga berasal dari wilayah hutan lindung di kaki gunung Pasaman yang berjarak 700 meter dari lokasi kejadian.

Evakuasi disaksikan puluhan warga yang berkeinginan mengamati satwa langka itu sehingga petugas terpaksa membubarkan warga untuk memperlancar proses evakuasi. Berikutnya, satwa dibawa regu BKSDA ke kantor Resor KSDA Agam di Lubuk Basung untuk diobservasi.

Pihaknya mengungkapkan terima kasih terhadap Babinsa dan Bhabinkamtibmas Nagari Anam Koto Utara, Polsek Kinali dan warga setempat yang sudah menolong upaya evakuasi binatang itu.

Artikel ini telah tayang di VOI dengan Judul: Macan Dahan Nyasar ke Kamar Mandi Warga di Sumbar, Awalnya Dikira Harimau Sumatera