Harga Emas Perhiasan Naik Jelang Lebaran 2021, Ibu-Ibu yang Sabar Ya
Ilustrasi Emas Perhiasan (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat kenaikan harga emas perhiasan sepanjang bulan April. Harga emas yang meningkat itu mendukung meningkatnya inflasi inti menjadi 0,14 persen di April dari posisi bulan sebelumnya 0,03 persen.

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Setianto mengatakan inflasi inti itu memberikan andil sebesar 0,09 persen terhadap keseluruhan inflasi yang tercatat sebesar 0,013 persen month to month (mtm) pada April 2021.

Lebih lanjut, Setianto berujar kenaikan inflasi itu disumbang oleh naiknya harga emas perhiasan yang permintaannya meningkat jelang Hari Raya Idulfitri.

"Meningkatnya pembelian emas perhiasan menjelang Hari Raya Idulfitri mempengaruhi harga emas perhiasan di April 2021," katanya dalam konferensi pers secara virtual, Senin, 3 Mei.

Setianto mengatakan kenaikan harga emas perhiasan pada periode tersebut, dipicu oleh meningkatnya harga emas batangan.

Ia menambahkan dari 90 kota IHK yang dipantau oleh BPS tercatat ada 60 kota yang mengalami kenaikan harga emas perhiasan. Kenaikan tertinggi terjadi di Parepare, Medan, dan Bukittinggi dengan masing-masing tiga persen.

Sebelumnya, BPS mencatat, inflasi pada bulan Februari 2021 sebesar 0,10 persen mtm. Salah satu yang menghambat laju inflasi pada bulan Februari 2021 lalu adalah penurunan harga emas perhiasan, yang memberi andil kepada deflasi sebesar 0,02 persen.

Komoditas emas perhiasan ini masuk ke dalam kelompok Perawatan Pribadi dan Jasa Lainnya. Kelompok ini sendiri mengalami penurunan harga sebesar 0,14 persen mom dan memberi andil kepada deflasi sebesar 0,01 persen.

"Kita tahu harga emas batangan, logam mulia di pasaran internasional mengalami penurunan dan ini akan berpengaruh pada turunnya harga emas perhiasan dibandingkan bulan Januari 2021," kata Kepala BPS Suhariyanto, Senin, 1 Maret.

Harga Emas Dunia Naik

Sekadar informasi, harga emas hari ini, untuk logam mulia Antam ukuran 1 gram di Pegadaian tetap dibandingkan hari sebelumnya. Mengutip laman Pegadaian, harga emas hari ini, Selasa, 4 Mei untuk logam mulia Antam ukuran 1 gram di Pegadaian mencapai Rp921 ribu.

Logam mulia Antam dijual dalam bentuk batangan dengan beberapa ukuran berat misalnya 1 gram, 2 gram, 5 gram, hingga 1.000 gram.

Dolar AS yang melemah menjelang serangkaian rilis data AS mendorong kenaikan harga emas dunia. Mengutip Reuters, harga emas di pasar spot pagi ini naik 0,1 persen menjadi 1.770,66 dolar AS per ons, sedangkan emas berjangka AS naik 0,2 persen menjadi 1.770,30 dolar AS per ons.

Sementara itu, Paladium naik 0,3 persen menjadi 2.944,19 dolar per ons, setelah mencapai level tertinggi sepanjang masa 3.007,73 dolar AS per ons akhir pekan lalu. Indeks dolar turun 0,1 persen terhadap berbagai mata uang lainnya, membuat emas lebih murah bagi pemegang mata uang lainnya.

Namun, Menteri Keuangan AS Janet Yellen pada Minggu, 2 Mei 2021, menepis kekhawatiran bahwa rencana stimulus infrastruktur Presiden Joe Biden akan menyebabkan inflasi.

Sekadar informasi, belanja konsumen AS pulih pada Maret di tengah lonjakan pendapatan karena rumah tangga menerima tambahan uang bantuan dari pemerintah.

Artikel ini telah tayang di VOI dengan judul: Ibu-Ibu Sabar ya, Harga Emas Perhiasan Naik Jelang Lebaran 2021, saatnya merevolusi pemberitaan.