Garuda Indonesia Buka-Bukaan Terkait Carut Marut Keuangannya: Tunggak Gaji Karyawan Rp327 Miliar, Pilot Kena Paling Tinggi
Pesawat Garuda Indonesia. (Foto: Dok. Garuda Indonesia)

Bagikan:

YOGYAKARTA - PT Garuda Indonesia Tbk alhasil buka-bukaan tentang kehancuran keuangan mereka yang tengah dilanda utang Rp70 triliun. Perusahaan berkode saham GIAA itu pun tengah menunda gaji karyawan dengan jumlah yang tidak main-main, ratusan miliar.

Dalam keterbukaan kabar di situs Bursa Efek Indonesia (BEI), dikutip Rabu 9 Juni, manajemen Garuda Indonesia mengungkapkan belum membayar tunjangan gaji karyawan sebesar 23 juta dolar AS per 31 Desember 2020. Apabila dirupiahkan dengan kurs Rp14.252 per dolar AS, makan nilainya sepadan Rp327,75 miliar.

Garuda Indonesia Buka-Bukaan Terkait Carut Marut Keuangannya

"Estimasi dari jumlah tunjangan gaji yang saat ini ditunda/belum dibayarkan per 31 Desember adalah sebesar 23 juta dolar AS," tulis manajemen Garuda Indonesia.

Sebagai respons terhadap tekanan kinerja imbas pandemi COVID-19, terhitung dari April-November 2020 Garuda Indonesia telah melakukan penundaan pembayaran penghasilan pada tahun 2020 dengan besaran sebagai berikut:

1. Direksi dan Komisaris: 50 persen

2. Vice President, Captain, First Office, dan Flight Service Manager: 30 persen

3. Senior Manager: 25 persen

4. Flight Attendant, Expert dan Manager: 20 persen

5. Duty Manager dan Supervisor: 15 persen

6. Staff (Analyst, Officer atau setara) dan Siswa : 10 persen

Tak hanya itu, Garuda Indonesia juga terpaksa mempercepat penyelesaian kontrak untuk pegawai dengan status kontrak/PKWT, mempercepat program pensiun kepada karyawan dengan kriteria pendaftar 45 tahun ke atas yang dilaksanakan di tahun 2020, dan kebijakan penyesuaian mekanisme kerja untuk Pegawai (WFH/WFO).

"Sumber pendanaan kas perseroan untuk mendanai keberlangsungan operasional perseroan dalam jangka pendek bersumber dari pendapatan operasional perseroan. Di samping itu, kesepakatan restrukturisasi kewajiban usaha antara perseroan dengan beberapa BUMN dan juga lessor tentunya turut berkontribusi dalam menjaga keberlangsungan operasional perseroan dapat terjaga," jelas manajemen maskapai pelat merah ini.

Artikel ini telah tayang di VOI dengan judul: Garuda Indonesia Blak-blakan soal Hancur-hancuran Keuangannya: Tunggak Gaji Karyawan Rp327 Miliar, Pilot Kena Paling Gede, saatnya merevolusi pemberitaan.