Raja Malaysia: Siapa Pun yang Ditunjuk Jadi Perdana Menteri, Harus Bisa Membuktikan Dukungan Mayoritas
Raja Malaysia Yang di-Pertuan Agong Sultan Abdullah Ri'ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah. (Wikimedia Commons Roosevelt2022)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Raja Malaysia Yang di-Pertuan Agong Sultan Abdullah Ri\'ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah mengatakan, perdana menteri selanjutnya mesti mengajukan mosi percaya di parlemen sesegera mungkin, sambil mendesak seluruh pihak untuk berprofesi sebagai regu dikala pelaksanaan untuk mengidentifikasi pemimpin baru berlanjut.

Ini diungkapkannya Rabu kemarin. Sebelumnya, raja juga minta segala member parlemen untuk menyerahkan pernyataan sah pada Rabu pukul 4 petang perihal siapa yang mereka dukung sebagai perdana menteri baru, menyusul pengunduran diri Muhyiddin Yassin pada Hari Senin.

Harus Bisa Membuktikan Dukungan Mayoritas

"Yang Mulia menekankan, deklarasi undang-undang ini untuk membantunya membuat keputusan dalam menunjuk seorang anggota parlemen, yang menurut pendapatnya dapat memperoleh kepercayaan dari mayoritas anggota parlemen sebagaimana diatur dalam Pasal 43(2)(a) Konstitusi Federal," sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh pengawas keuangan istana Ahmad Fadil Syamsuddin, mengutip CNA Rabu 18 Agustus.

"Yang Mulia juga mengatakan, perdana menteri yang telah ditunjuk oleh Yang Mulia sesuai dengan Pasal 40(2)(a) dan 43(2)(a) Konstitusi Federal harus sesegera mungkin mengajukan mosi percaya pada DPR untuk membuktikan bahwa dia mendapat kepercayaan mayoritas anggota parlemen," tambah pernyataan itu.

Pernyataan itu mengatakan, dalam pertemuan dengan para pemimpin partai politik pada Hari Selasa raja telah menekankan, konsensus dan kejujuran di antara anggota parlemen sangat diperlukan, untuk memastikan kesejahteraan dan keselamatan rakyat tetap menjadi prioritas.

“Anggota DPR perlu menunjukkan solidaritas dengan terus berupaya, memberikan komitmen tinggi dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” tambahnya.

Baik Raja Malaysia maupun Sultan Perak, yang merupakan Wakil Agong, juga menyampaikan pandangan mereka selama audiensi kerajaan, jika semua anggota parlemen harus berusaha untuk menciptakan persatuan di antara semua partai politik, fokus pada penyelesaian masalah saat ini.

"Sebelum audiensi kerajaan berakhir kemarin, raja juga mengingatkan para pemimpin dan perwakilan dari pemimpin partai politik besar, untuk memastikan keharmonisan, anggota parlemen yang menang harus bekerja sama dengan mereka yang gagal dan semua pihak harus siap bekerja sama dalam satu tim," terang pernyataan tersebut.

Artikel ini telah tayang dengan judul: Raja Malaysia: Siapa Pun yang Ditunjuk Jadi Perdana Menteri, Harus Mampu Membuktikan Dukungan Mayoritas, saatnya merevolusi pemberitaan!