Berita Ekonomi: Platform Perdagangan Pinduoduo Waspadai Persaingan e-commerce yang Makin Ketat
Persaingan e-0commver makin ketat mulai diwaspadai oleh setiap platform, termasuk Pinduoduo. (foto unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Platform e-commerce China Pinduoduo Inc melaporkan laba kuartalan pertamanya pada hari Selasa sebab pembeli konsisten online meski ada pelonggaran penguncian selama pandemi COVID-19.

Pinduoduo, yang mempunyai basis pengguna e-commerce terbesar di China, mengatakan profitabilitasnya ke depan kemungkinan akan tergoda oleh kompetisi yang kian intensif dan investasi dalam inisiatif sektor pertanian yang diluncurkan pada Selasa, 24 Agustus.

Waspadai Persaingan e-commerce yang Makin Ketat

Sejak didirikan pada tahun 2015, perusahaan yang terdaftar di Nasdaq ini telah menjadi pemain kompetitif di ruang e-commerce China yang sedang booming melalui pendekatan yang menggabungkan media sosial dengan belanja online untuk menawarkan diskon menarik.

Dalam tiga bulan hingga 30 Juni, mereka melaporkan laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemegang saham biasa sebesar 2,41 miliar yuan (372 juta dolar AS) dibandingkan dengan kerugian bersih sebesar 899,3 juta yuan tahun lalu dan pendapatan sebesar 23,05 miliar yuan.

Profitabilitas Pinduoduo telah membantu menghibur investor pada saat pengawasan ketat oleh China terhadap perusahaan teknologi domestik atas kekhawatiran atas privasi data dan perilaku anti-persaingan. Nilai sahamnya turun lebih dari setengahnya sejak Februari.

"Kami tidak mengharapkan profitabilitas untuk melanjutkan," kata Tony Ma, wakil presiden keuangan, mengatakan kepada analis pada laporan pendapatan tengah tahun. "Kami tidak berpikir bahwa profitabilitas kuartal ini harus menjadi indikator, atau referensi untuk investasi masa depan kami dalam berbagi pikiran pengguna dan infrastruktur yang berfokus pada pertanian."

Ketua dan Kepala Eksekutif Chen Lei mengatakan dia mengharapkan persaingan di sektor e-commerce China yang sudah "sangat dinamis dan bersemangat" untuk mengintensifkan.

"Kami melihat lebih banyak platform memasuki ruang e-commerce, sehingga persaingan meningkat, dan akan terus meningkat," kata Chen.

Perusahaan mengatakan sedang meluncurkan inisiatif senilai 10 miliar yuan untuk memenuhi kebutuhan di sektor pertanian dan daerah pedesaan dan keuntungan dari kuartal kedua dan kuartal mendatang akan dialokasikan untuk inisiatif tersebut, "sampai total komitmen 10 miliar yuan terpenuhi".

Artikel ini telah tayang di VOI dengan judul: Platform Perdagangan Pinduoduo Waspadai Persaingan e-commerce yang Makin Ketat, saatnya merevolusi pemberitaan!