Wajib Tahu! Daftar File dan Folder Windows yang Aman Dihapus, Bikin Penyimpanan Lebih Lega
File dan folder Windows yang boleh dihapus (WinPoin)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Bukan rahasia lagi jika sistem operasi Windows memiliki banyak folder dan file yang tidak kita butuhkan. Seperti file cache yang tersembunyi, data lawas yang cuma memenuhi penyimpanan, dan masih banyak jenis lainnya.

Untuk menghapus seluruh file dan folder yang tidak terpakai pun bisa menantang. Apalagi jika Anda tidak memiliki pengetahuan dasar mengenai komputer. Tentu akan merasa was-was dan takut jika salah hapus.

Daftar File dan Folder Windows yang Aman Dihapus

Untuk itu, tim VOI sudah merangkumkan sederet file dan folder pada Windows yang aman jika dihapus. Maka, untuk Anda yang ingin membuat penyimpanan internal lebih lega, segera hapus salah satu folder di bawah.

Cara Paling Aman Membersihkan Hard Drive: Gunakan Disk Cleanup

Sebelum kita membahas file dan folder yang boleh dihapus, melakukannya secara manual bukanlah cara terbaik. Apalagi, Microsoft juga sudah membekali software pembersih file sampah pada Windows.

Ya, Anda bisa menggunakan tools Disk Cleanup. Mudah dipakai dan bisa menghapus sebagian besar file sampah dengan cepat. Untuk membukanya, Anda cukup mengetikkan ‘Disk Cleanup’ pada kotak pencarian yang terdapat di dalam menu Start.

Selanjutnya, akan muncul jendela aplikasi Disk Cleanup. Di dalamnya Anda akan melihat sejumlah file dan folder yang aman untuk dihapus. Cukup klik Ok, lalu klik ‘Delete Files’. Tak butuh waktu lama, bukan?

File dan Folder Windows yang Aman Dihapus

Disk Cleanup memiliki batasannya. Fitur ini Cuma bisa menghapus beberapa jenis file saja. Untuk jenis yang lain, Anda perlu melakukannya secara manual. Lebih lengkap, berikut ini file Windows yang aman dihapus:

File Hibernation

Mode Hibernation pada laptop atau PC sebenarnya mirip dengan Mode Sleep. Perbedaannya, sistem akan menyimpan seluruh file dari aplikasi yang sedang dibuka ke penyimpanan internal. Keunggulan Mode ini, aplikasi yang dibuka tetap bisa diakses sekalipun baterai habis atau perangkat mati selama berhari-hari.

Namun, karena itu pula mode ini menguras kapasitas penyimpanan dalam jumlah besar. Tak jarang, bisa mencapai beberapa Gigabyte! Oleh karena itu, ada baiknya sesekali Anda menghapus file Hibenation.

Caranya mudah, cukup buka jendela Command Prompt. Selanjutnya, ketikkan perintah berikut untuk menonaktifkan Mode Hibernation: powercfg.exe /hibernate off. Jika sudah, Windows akan menghapus folder hiberfil.sys pada perangkat Anda.

Folder Temp

Seperti yang bisa Anda tebak dari Namanya, fungsi file temporer pada Windows tidaklah terlalu penting. File dan folder yang terdapat di dalamnya biasanya berisi informasi seputar program atau file yang dibutuhkan Windows, tapi sudah tidak dibutuhkan lagi.

Anda tidak bisa menghapus file ini lewat Disk Cleanup. Oleh karena itu, Anda perlu menjalankan langkah manual. Cukup buka folder ini yang terletak di C:\Windows\Temp. Lalu, hapus seluruh folder yang terdapat di dalamnya.

Artikel ini telah tayang dengan judul: Daftar File dan Folder Windows yang Aman Dihapus, Bikin Penyimpanan Lebih Lega, saatnya merevolusi pemberitaan!